Selamat, Si Anak Kampung Terpilih Pemimpin Muda BUMN


Sabtu, 31 Oktober 2020 - 10:12:27 WIB
Selamat, Si Anak Kampung Terpilih Pemimpin Muda BUMN Endang Tirtana

HARIANHALUAN.COM - Sianak Kampuang dari Pasaman, Sumatera Barat, Endang Tirtana terpilih sebagai salah satu pemimpin muda di BUMN. Atas kepercayaan tersebut, ia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada Menteri BUMN, Erick Thohir. 

"Terimakasih atas kepercayaan Pak Erick Thohir kepada saya untuk menjadi komisaris di Semen Baturaja. Sebagai anak muda saya akan bekerja yang terbaik," ucap Komisaris PT Semen Baturaja Tbk ini kepada harianhaluan.com, Sabtu (31/10/2020).

Menurut ayah dua anak ini, Menteri BUMN Erick Thohir percaya bahwa perubahan di BUMN dapat diinisiasi oleh orang-orang muda. Karena itulah, kata dia, Erick Thohir mengangkat orang-orang muda untuk menjadi direksi pada beberapa BUMN. 

Tidak itu saja, di jajaran Dewan Komisaris BUMN juga dipercayakan kepada orang-orang muda. Itu mempertegas komitmennya terkait penempatan anak muda diposisi-posisi strategis di BUMN. 

"Saat ini kami di BUMN sangat terbuka dan mempercayakan banyak posisi kepada eksekutif muda. Banyak kaum muda yang telah menempati posisi-posisi strategis sebagai direksi BUMN, ujar Pak Erick Thohir, baru-baru ini," ungkap putera kelahiran Padang Balai, Pasaman ini.

Kepada orang-orang muda, lanjut Endang, Erick Thohir berpesan untuk memanfaatkan kesempatan memperdalam dunia keilmuan dan pengalaman berbisnis, sehingga kelak bisa terpakai di dunia kerja. 

Ia pun membuka peluang sebesar-besarnya kepada para anak muda yang tertarik berkarir di BUMN. Bagi Erick Thohir, memilih anak muda sebagai direksi atau komisaris di BUMN bukan untuk gaya-gayaan. 

"Beliau, tidak segan mengangkat direksi yang muda, dan itu bukan buat gaya-gayaan. Tapi ini bagian dari transformasi, karena sebagai pemimpin ada waktunya dan ada umurnya, kata Pak Erick. Sebagai pemimpin harus memberi kesempatan yang muda-muda untuk menjadi generasi penerus," imbuh Endang. 

Seperti pesan Erick Thohir, para direktur utama BUMN bisa menjadi mentor bagi direksi muda. Karena menurutnya, sebagai pemimpin pasti akan ada waktunya. Ia menambahkan, pemimpin harus bisa memberi kesempatan bagi generasi muda untuk memimpin. Itu dilakukan agar tercipta generasi penerus. 

Namun, kata Endang, Erick Thohir menegaskan bahwa pemilihan direksi tidak bisa dilakukan seenaknya. Pihaknya tetap harus melakukan asesmen dalam penunjukan direksi pada perusahaan BUMN. (*)

 

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]