Dilaporkan Hilang, Penangkap Lobster Ditemukan Meninggal Dunia 


Sabtu, 31 Oktober 2020 - 11:40:21 WIB
Dilaporkan Hilang, Penangkap Lobster Ditemukan Meninggal Dunia  Dilaporkan Hilang, Penangkap Lobster Ditemukan Meninggal Dunia 

HARIANHALUAN.COM - Upaya pencarian dan pertolongan tim Sar Gabungan terhadap seorang nelayan Dusun Kautek, Desa Muara Taikako, Kecamatan Sikakap yang dilaporkan hilang saat menangkap atau menjaring udang lobster di sekitar pulau Siruso, akhirnya membuahkan hasil. 

Korban yang diketahui bernama Rolasta Sabelau (34) ditemukan tim Sar dalam kondisi mengapung dan meninggal dunia sekira 500 Meter dari Last Know Position (LKP) atau posisi terakhir yang diketahui, pada koordinat 2°51'33.65' S - 100°8'8.29'' E atau 6,8 Nautikal Mill dari Pelabuhan Sikakap.

"Pada pukul 08.55 Wib Tim SAR Gabungan (Tim/Perahu Masyarakat) menemukan Survivor di sekitar pulau Siruso 500 meter dari LKP pada koordinat 2°51'33.65' S - 100°8'8.29'' E. Korban ditemuakan 6,8 NM dan Radial 224° dari dermaga Sikakap, Kab. Kepulauan Mentawan. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal," Terang Akmal, S.Sos Kepala Kantor Sar Kelas B Mentawai kepada haluan.com melalui whatsapp pribadinya.

Diketahui bahwa korban nelayan penangkap lobster tersebut dilaporkan hilang sejak kamis 29 Oktober 2020 saat menjaring lobster di sekitar pulau siruso, bersama 4 rekan lainnya yaitu Sudirman (45), Imur (38), Rianto (34) dan Jumer (20), namun saat rekan-rekannya kembali korban tersebut tidak kunjung kembali.

"Alhamdulillah operasi pada hari kedua ini tim Sar gabungan pada Pukul 09:15 Wib Tim Sar gabungan berhasil membawa korban ke rumah duka dan pada pukul 09:40 Wib Operasi SAR diusulkan untuk ditutup dan semua unsur kembali ke kesatuan masing-masing dengan ucapan terimakasih," imbuhnya. 

Adapun peralatan Sar yang digunakan antaralain Rib 02 Sar Mentawai, Alat Komunikasi, Alat Navigasi, Peralatan Evakuasi, Rescue Carrier, Peralatan Protokol Kesehatan dan Perahu Masyarakat. Kemudian Unsur SAR Yang terlibat antaralain, Tim Rescue SAR Mentawai, Banisa Kodim, Pol Air, BPBD, Bakamla, Koramil 04 Sikakap, Polsek Sikakap, Tim Kecamatan dan Masyarakat.

"Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya bagi nelayan untuk melihat kondisi cuaca sebelum melakukan aktivitas di laut, apabila cuaca buruk sebaiknya tidak memaksakan diri untuk melaut, utamakan keselamatan diri," tutupnya. (*)

Reporter : Redi /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]