Sambil Cari Kerja, Lulusan PNP Didorong Jadi Enterpreneur di Era Revolusi Industri 4.0


Sabtu, 31 Oktober 2020 - 14:19:58 WIB
Sambil Cari Kerja, Lulusan PNP Didorong Jadi Enterpreneur di Era Revolusi Industri 4.0 Direktur PNP Surfa Yondri saat memindahkan jambul lulusan terbaik. Ist

HARIANHALUAN.COM - Tak kehabisan akal di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, Politeknik Negeri Padang (PNP) menggelar prosesi wisuda secara virtual, di Ruang Pertemuan Lantai II Gedung C, Sabtu (31/10/2020).

Direktur PNP, Surfa Yondri mengatakan, sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang saat ini masih mewabah di seluruh Wilayah di Indonesia dan dunia maka pelaksanaan wisuda ke-58 hari ini terpaksa harus dilaksanakan dengan metode daring melalui aplikasi Zoom.

Surfa Yondri berharap metode ini tidak mengurangi kebahagiaan para wisudawan beserta keluarga. Pandemi Covid-19 telah merubah banyak aspek dalam kehidupan termasuk dalam proses pendidikan yang dilakukan di Politeknik Negeri Padang.

Menurut Surfa Yondri, dampak pandemi Covid-19 juga akan dirasakan oleh wisudawan pada hari ini. Secara ekonomi pertumbuhan ekonomi negara cendrung melambat bahkan menuju negatif sehingga pembukaan lapangan kerja baru belum bisa dilakukan, PHK terjadi di anyak perusahaan.

"Untuk itu kami berpesan kepada wisudawan untuk bersabar sambil terus mencari peluang-peluang kerja yang ada serta jika memungkinkan saudara mengembangkan jiwa enterpreneur yang telah saudara dapatkan selama mengikuti perkuliahan," ujar Surfa Yondri.

Untuk itu, Surfa Yondri berpesan kepada para wisudawan untuk terus meningkatkan kompetensi terutama untuk memenuhi kompetensi abad 21 dan Revolusi Industri 4.0 yakni SDM yang adaptif, fleksibel, kreatif, innovatif, menguasai IT, menguasai Bahasa Internasional, komunikatif, punya sikap leadership yang tinggi, kritis dan punya kemampuan high order thinking.

Covid-19 saat ini semakin menegaskan percepatan Revolusi Industri 4.0 dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Segala hal menjadi tanpa batas (borderless) dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas (unlimited), karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang masif sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin.

"Era Revolusi Industri 4.0 telah mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pendidikan tinggi. Era yang diwarnai oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence), era super komputer, rekayasa genetika, teknologi nano, mobil otomatis, inovasi, dan perubahan yang terjadi dalam kecepatan eksponensial yang akan mengakibatkan dampak terhadap ekonomi, industri, pemerintahan, politik," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]