Tebing Pengaman Batang Lolo di Solsel Ambruk, Dua Unit Rumah Terancam Amblas


Sabtu, 31 Oktober 2020 - 15:56:56 WIB
Tebing Pengaman Batang Lolo di Solsel Ambruk, Dua Unit Rumah Terancam Amblas Abrasi Batang Lolo berpotensi mengancam amblasnya rumah warga.

HARIANHALUAN.COM - Dua unit rumah terancam amblas disebabkan tebing pengaman ambruk digerus arus Batang Lolo di Jorong Mudiak Lolo Barat Nagari Sako Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sabtu (31/10/2020).

Wali Nagari Sako Pasir Talang, Oky Hendri pada Harianhaluan.com mengatakan dari dua unit rumah tersebut, satu unit diantaranya berdampak paling membahayakan, apabila terus digerus air sungai. Pasalnya, rumah yang berada di pinggir Batang Lolo itu kondisi tebing pengaman sungai sudah ambruk. 

"Tebing pengaman sungai ambruk, disebabkan selalu digerus arus air. Sedangkan tepat diatasnya rumah warga, sehingga jika tidak segera diperbaiki tebing pengaman itu, akan membahayakan. Bahkan, dengan cuaca tidak menentu ini bisa membuat ambruk rumah tersebut," beber Oky.

Pihaknya, mengaku sudah melaporkan kejadian tersebut kepada BPBD Solsel dan anggota DPRD Solsel Wahyu Hidayat. "Kami juga sudah memasukkan sejenis proposal untuk perbaikan tebing pengaman sungai ini. Semoga saja segera terealisasi," katanya.

Terpisah, anggota DPRD Solsel, Wahyu Hidayat, yang ikut meninjau lokasi bersama pemerintahan nagari dan warga sekitar menyebutkan tebing pengaman Batang Lolo itu ambruk akibat aliran sungai yang tinggi.

"Sehingga sangat membahayakan satu unit rumah. Hal ini telah kami sampaikan ke pihak terkait agar segera dapat ditindaklanjuti," ujarnya. (*)

Reporter : Jeffli | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]