Rapid Test Selama Libur Cuti Bersama di Puncak Bogor, 75 Wisatawan Reaktif Corona


Ahad, 01 November 2020 - 10:28:35 WIB
Rapid Test Selama Libur Cuti Bersama di Puncak Bogor, 75 Wisatawan Reaktif Corona Momen wisatawan di Puncak Bogor menjalani rapid test.

BOGOR, HARIANHALUAN.COM - Bogor selalu menjadi tujuan wisatawan saat akhir pekan untuk berlibur. Termasuk saat libur panjang cuti bersama. Dan selama empat hari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar rapid test COVID-19 ke wisatawan Puncak, Jawa Barat. Total sebanyak 75 orang dinyatakan reaktif Corona.

"Sekarang di tanggal 1 (November), dari 200 (wisatawan yang dirapid test), reaktif 11 (orang)," kata Jubir Satgas Penangangan COVID-19 Kabupaten Bogor, R Irwan Purnawan, saat dihubungi, Minggu (1/11/2020).

Irwan menambahkan Pemkab Bogor menggelar rapid test ke wisatawan dari Kamis (29/10) kemarin dan selesai hari ini. Pada Kamis ada 919 orang yang menjalani rapid test, dan 50 di antaranya reaktif COVID-19.

Lalu pada Jumat (30/10), dari 177 wisatawan uang menjalani rapid test, 2 orang reaktif. Sementara Sabtu (31/10), ada 12 orang reaktif, dan 110 wisatawan yang melakukan rapid test.

Sehingga dari data tersebut, selama empat hari rapid test yang digelar Pemkab Bogor, ada 75 wisatawan yang reaktif Corona.

"(Kebanyakan yang reaktif adalah warga) Luar Bogor, kan wisatawan. Ada (juga) warga Bogor tapi sedikit. Hari ini (wisatawan yang dirapid test) campuran ya, ada warga Bogor, ada dari luar. Kemudian ada juga yang pulang kampung," jelas dia.

Irwan mengatakan wisatawan yang reaktif langsung dilakukan swab test oleh Pemkab Bogor. Namun hingga saat ini hasilnya belum keluar.

Pemkab akan berkoordinasi dengan Pemda asal wisatawan jika hasil swab sudah keluar. Jika ada yang dinyatakan positif, maka dianjurkan untuk dilakukan tracing.

"Kita koordinasi dengan Pemda bersangkutan. Kemudian kita sarankan yang positif dari gugus tugas atau Pemda setempatnya untuk dilakukan tracing atau treatment lah," kata Irwan. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]