Ketua ITAGI: Imunisasi Bisa Cegah Kematian dan Cacat dari Penyakit Menular


Ahad, 01 November 2020 - 12:27:08 WIB
Ketua ITAGI: Imunisasi Bisa Cegah Kematian dan Cacat dari Penyakit Menular Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Sri Rezeki S. Hadinegoro selaku Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

HARIANHALUAN.COM - Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Sri Rezeki S. Hadinegoro selaku Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) memaparkan bagaimana vaksin bekerja dengan baik di tubuh manusia dan tujuan imunisasi.

Dalam video konferensi Zoom yang diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Jurnalis Ubah Laku pada Sabtu, (31/10/2020) kemarin. Prof. Sri memaparkan ada dua cara bagaimana vaksin bekerja.

Pertama, vaksin bekerja untuk mengurangi risiko infeksi dengan melatih sistem imun tubuh dalam mengenal dan melawan patogen (virus dan bakteri).

Kedua, vaksin akan menghantarkan imunogen yang spesifik untuk setiap antigen yang akan menghasilkan respons imun, untuk melatih sistem imun dalam mengenali patogen jika terpapar secara alami.

"Sistem imun itu dilatih sehingga jika bertemu dengan antigen atau mikroorganisme yang berbahaya tadi," ujar Prof. Sri.

Kendati demikian, Prof. Sri mengingatkan bahwa vaksin spesifik satu lawan satu. Kalau penyakitnya campak, tentu vaksinnya juga campak, tidak bisa vaksin campak untuk menghindari TBC. Inilah yang spesifik untuk vaksin.

Lebih lanjut, papar Prof. Sri, ada 5 tujuan imunisasi yaitu, pertama sebagai upaya untuk mencapai eradikasi dan mengurangi penyakit infeksi berat yang menimbulkan kematian dan kecacatan. Kedua, kajian farmako-ekonomi mengenai cost saving dan cost effective.

Ketiga, mencegah kematian dan kecacatan yang disebabkan oleh penyakit menular yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

"Keempat, investasi untuk masa depan. Dan terakhir kelima adalah imunisasi memutus rantai penularan," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]