Wah, Puluhan Warga Bersedia Jalani Tes Swab Setelah Dapat Sembako


Ahad, 01 November 2020 - 14:49:30 WIB
Wah, Puluhan Warga Bersedia Jalani Tes Swab Setelah Dapat Sembako Warga akhirnya mau jalani tes swab setelah diberi bantuan sembako dari Apindo dan PSMTI (Ist-Haluankeri.co)

HARIANHALUAN.COM-Awalnya puluhan warga yang diduga terpapar dari tetangga memiliki kontak erat dengan pasien covid-19, menolak untuk dilakukan pengambilan sampel swab oleh petugas kesehatan.

Puluhan warga Kecamatan Tebing, Karimun, Kepri tersebut beralasan tidak mau dilakukan swab karena setelah itu harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Sedangkan, mereka sendiri tidak memiliki ketersediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama menjalani isolasi.

Untung saja, Apindo dan PSMTI Karimun segera bertindak cepat untuk memberikan bantuan sembako kepada warga yang harus menjalani swab dan isolasi mandiri di rumah tersebut.

Sebanyak 40 paket sembako disalurkan Apindo dan PSMTI Karimun kepada warga di Kecamatan Tebing. Rinciannya, di Kelurahan Teluk Uma 10 paket, Kapling 9 paket, Tebing 8 paket, Pamak 5 paket, Harjosari 7 paket dan Desa Pongkar 1 paket.

“Kepada pimpinan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, bahwa dapat bantuan 40 paket sembako dari Apindo dan PSMTI Kabupaten Karimun untuk warga Kecamatan Tebing yang terpapar atau keluarga dan tetangga yang memiliki kontak erat dengan pasien covid-19 setelah dilakukan swab,” ujar Camat Tebing, Abdul Gafar, Ahad (1/11/2020).

Kata Gafar, awalnya warga yang harus menjalani isolasi mandiri tersebut menolak untuk dilakukan pengambilan sampel swab, karena mereka tidak memiliki sembako selama masa menjalani isolasi mandiri. Setelah bantuan sembako datang, akhirnya mereka bersedia untuk diambil sampel swab.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Apindo dan PSMTI Karimun yang telah membantu warga kami dengan menyalurkan paket sembako kepada mereka yang terpapar covid-19 maupun tetangganya yang diduga memiliki kontak erat dengan pasien covid-19,” jelas Gafar.

Sementara, Ketua PSMTI Kabupaten Karimun, Eddy Asun mengatakan, bantuan yang diberikan PSMTI dan Apindo Karimun tersebut memang untuk meringankan beban masyarakat selama masa pandemi covid-19 ini, khususnya mereka yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Kebetulan saya dihubungi Camat Tebing terkait kebutuhan sembako bagi warga yang terpapar maupun tetangga yang memiliki kontak erat dengan pasien covid-19 pada hari Sabtu kemaren. Mereka membutuhkan sebanyak 40 paket sembako dan sudah disalurkan langsung kepada masyarakat,” ujar Eddy Asun.

Eddy juga menyebut, penyaluran paket sembako kepada warga Kecamatan Tebing tersebut juga sudah dilaporkan kepada Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah dalam rapat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun.

Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah meminta kepada Kepala Dinas Sosial agar lebih cepat tanggap melihat kejadian seperti ini.

“Mohon perhatian Kadis Sosial aksinya agar lebih dipercepat. Bersama kita bisa lawan covid-19,” ujar Firmansyah. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]