Jangan Dijemur, Pakai Beras Saja untuk Keringkan Ponsel Usai Kena Air Hujan


Senin, 02 November 2020 - 11:39:34 WIB
Jangan Dijemur, Pakai Beras Saja untuk Keringkan Ponsel Usai Kena Air Hujan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Hujan besar melanda sebagian wilayah di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi itu tak jarang membuat kita kehujanan dan tanpa disadari ponsel yang ada di kantong celana juga ikut basah. Mau tidak mau ponsel harus segera dikeringkan.

Ada cara membersihkan ponsel dari air hujan. Cara yang tepat bisa mengembalikan performa ponsel setelah terguyur air hujan. Berikut langkahnya:

Pertama, yang perlu dilakukan adalah segera matikan ponsel. Kemudian, lepaskan softcase/hardcase (jika menggunakan).

Kemudian, lepaskan baterai (jika ponsel model lama), kartu SIM, dan kartu microSD. Gunakan kain untuk mengeringkan ponsel. Untuk hasil yang lebih kering, bisa menggunakan alat penyedot debu untuk mengeringkan celah-celahnya.

Jangan menjemur 'hape' di bawah sinar matahari secara langsung. Lebih baik keringkan di udara terbuka yang sejuk dan kering, jangan gunakan pengering rambut, karena suhu panasnya bisa merusak bagian dalam ponsel seperti dikutip dari situs Intel.

Untuk pengeringan lebih maksimal, bagi sebagian orang percaya menggunakan trik menguburkan smartphone di dalam beras. Namun, mencampur beras dengan silica gel disebut justru lebih efektif mengutip The Verge.

Beras dan silica gel merupakan bahan yang baik untuk menyerap air. Jadi dinilai efektif untuk menyerap air yang membasahi ponsel.

Biarkan ponsel dalam kondisi tersebut selama 24 hingga 48 jam. Setelah melewati langkah tersebut, masukkan kembali baterai, dan coba nyalakan.

Untuk diingat cara ini tidak sepenuhnya benar bisa mengeringkan ponsel, namun apa salahnya mencoba sebelum membongkar bodi ponsel yang akhirnya membuat kerusakan permanen.

Jika tidak yakin sebaiknya kunjungi ahli ponsel untuk mencari tahu potensi kerusakan setelah ponsel terguyur hujan.(*)

 Sumber : cnnindonesia.com /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]