Pjs Bupati Pessel Serahkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir Sungai Batang Kambang


Senin, 02 November 2020 - 12:27:46 WIB
Pjs Bupati Pessel Serahkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir Sungai Batang Kambang Pjs Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Mardi

HARIANHALUAN.COM - Banjir bandang terjadi di di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Banjir yang diakibatkan luapan Sungai Batang Kambang tersebut membuat sebanyak 3.988 kepala keluarga harus mengungsi.

Ke 3.988 kepala keluarga tersebut berdomisili di empat nagari di Kecamatan Lengayang, yakni Kambang Utara, Kambang Barat, Kambang Timur, dan Kambang.

Pjs Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Mardi mengatakan dari empat nagari, jumlah kepala keluarga paling banyak terdampak terdapat di Nagari Kambang Utara dengan jumlah 1.700, dan selanjutnya Kambang dengan jumlah 1.500. "Banjir juga menyebabkan 55 unit rumah rusak parah, sementara kerugian lain hingga saat ini masih di data," katanya, Senin (2/11).

Sungai Batang Kambang meluap terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, hal itu terjadi karena badan sungai tidak mampu menampung debit air akibat hujan deras yang melanda daerah setempat. Mardi juga telah mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terutama bagi yang menetap tidak jauh dari bantaran sungai.

Ia juga telah menyerahkan bantuan terhadap keluarga terdampak berupa beras sebanyak 1,5 ton dan mie instan sebanyak 98 dus. "Penanganan banjir akan dituntaskan secara menyeluruh termasuk rencana normalisasi Sungai Batang Kambang di beberapa titik," ujarnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]