Meski Pandemi, Usaha Karak Kaliang 88 Leni Valentina Tetap Kebanjiran Pesanan


Senin, 02 November 2020 - 12:38:29 WIB
Meski Pandemi, Usaha Karak Kaliang 88 Leni Valentina Tetap Kebanjiran Pesanan Snack karak kaling 88 milik Leni Valentina yang siap dipasarkan.

HARIANHALUAN.COM - Kendati di tengah pandemi Corona, namun usaha industri rumahan karak kaling 88 milik Leni Valentina di Banda Balantai Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok Sumbar tetap kebanjiran permintaan. Bahkan banyak pesanan yang tidak terlayani.

Menurut Leni Valentina kepada harianhaluan.com dikediamannya Senin( 2/ 10), permintaan dari sejumlah relasinya banyak yang distop karena ketidak mampuan memproduksi dalam jumlah banyak. Persoalan yang dihadapi karena keterbatasan tenaga kerja.

Sebelumnya diakui Leni Valentina, pemasaran snack karak kaling 88 memenuhi gerai di sejumlah mini market dan kedai- kedai sanjai di Bukittinggi dan Padang. Karenan keterbatasan tenaga kerja hanya melayani pertokoan pusat oleh- oleh yang ada di Bukittinggi dan Padang saja

Di tengah pandemi corona, Leni Valentina menerapkan menajemen Cina, biar untung tipis asalkan perputaran uang lebih cepat. Penjualan di sejumlah kedai sanjai Bukittinggi dan pusat oleh- oleh di Kota Padang untungnya memang tipis namun dibayar kontan dan tidak ada istilah  barang yang tidak terjual kembali ke  asalnya.

Tiap minggu itu, produksi snack karang kaling 88 500 kg dengan harga Rp 22.000/ kg. Sebelumnya Leni mampu memproduksi snack karak kaling 88 sampai 800 kg/ minggu, namun karena kekurangan tenaga kerja hanya bisa memproduksi 500 kg/ minggu. Saat ini jumlah tenaga kerjanya 4 orang, biasanya sampai 10 orang.

Masalah pemasaran dan ketersediaan bahan baku cukup lancar, hanya saja yang mengganjal masalah tenaga kerja. Jika tenaga kerja mencapai 10 orang bisa memproduksi snack karak kaling 800 kg/ minggu. Persoalan tenaga kerja menjadi keluhan saat ini, paparnya.

Sementara bahan baku berupa ubi kayu selalu datang kontiniu dari pedagang Pariaman, Solok dan Pekan Baru. Saya sudak bekerjasama dengan pedagang yang ada di 3 daerah tersebut, jadi bahan baku tidak cemas.

Reporter : Alfian /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]