Siap-siap, Berikut 3 Prediksi Kapan Pandemi Berakhir di Indonesia


Senin, 02 November 2020 - 13:54:30 WIB
Siap-siap, Berikut 3 Prediksi Kapan Pandemi Berakhir di Indonesia Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banyak masyarakat yang bertanya kapan pandemi ini akan berakhir. Ini dapat dimaklumi, karena pandemi virus corona Covid-19 telah berlangsung hampir 8 bulan di Indonesia. 

Sebenarnya kapan pandemi ini akan berakhir belum bisa dipastikan. Ini sangat bergantung pada perubahan perilaku manusia yang dengan ketat menerapkan protokol kesehatan.

Berikut beberapa prediksi akhir pandemi di Indonesia:

1. Jusuf Kalla

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memprediksi Covid-19 akan berakhir di Indonesia pada 2022. Alasannya vaksinasi diperkirakan baru siap pada pertengahan 2021.

"Kalau ditanya kapan kira-kira pandemi Covid-19 ini selesai, maka saya perkiraan di Indonesia baru bisa selesai pada tahun 2022. Karena yang bisa menyelesaikan ini hanya vaksin, dan tes klinis vaksin itu baru bisa keluar antara Januari-Februari 2021 dan mulai produksi Maret," ujar JK, seperti dikutip Senin (2/11/2020).

2. Guru Besar UGM

Guru Besar Statistika Universitas Gajah Mada (UGM) Prof. Dr. rer.nat. Dedi Rosadi, S.Si., MSc mengungkapkan Prediksi paling optimis diperoleh dengan menggunakan model hybrid kompartemen SIR-Regresi-runtun-waktu diperkirakan pandemi akan berakhir di pertengahan Februari 2021 dengan total kasus positif minimal 322 ribu penderita.

Dedi Rosadi dan tim juga melakukan kajian dengan pendekatan model kurva Richard dan kurva pertumbuhan logistik, yang menunjukkan proyeksi akhir pandemi berada di antara April 2021 sampai dengan awal 2022 dengan range prediksi total penderita minimal 322 ribu kasus.

Namun ia mengingatkan pemerintah juga harus berperan dalam mengakhir pandemi di Indonesia."Akhir pandemi sangat bergantung pada upaya pemerintah dalam mengendalikan laju penyebaran penyakit Covid-19 ini," ujarnya.

3. Satgas Covid-19

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan kapan pandemi berakhir tergantung pada kedisplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

"Target penyelesaian pandemi COVID-19 ini tentu kita harapkan bisa selesai sesegera mungkin. Keberhasilan COVID-19 ini sangat ditentukan oleh kedisiplinan kita semuanya, seluruh elemen masyarakat, tanpa kecuali, dalam mematuhi protokol 3M," ujar Wiku akhir Oktober lalu. (*)

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]