Diduga Edarkan Uang Palsu, Tiga Pelaku di Solok Dibekuk Polisi


Selasa, 03 November 2020 - 15:36:41 WIB
Diduga Edarkan Uang Palsu, Tiga Pelaku di Solok Dibekuk Polisi Barang bukti uang palsu

HARIANHALUAN.COM -- Tiga pelaku diduga mengedarkan uang palsu belasan juta dibekuk jajaran Kepolisian Resor (Polres) Solok Arosuka. Berdasarkan penyelidikan, uang palsu tersebut dicetak menggunakan mesin printer dengan pecahan uang kertas.

"Ketiga pelaku berinisial NVA (36), FRT (17), dan RWM (36). Para pelaku ditangkap di kawasan Nagari Salayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok," ujar Kasat Reskrim Polres Solok, AKP Akhmad Deny Hamdan, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga : Catut Nama Petugas TNI dan Polri, Pemnag Gunung Medan Diduga Minta THR ke Pengusaha

Ditambahkannya, ketiganya ditangkap pada Senin (2/11/2020) sekitar pukul 15.30 WIB. Selanjutnya dilakukan identifikasi dan terungkap uang palsu tersebut dicetak menggunakan mesin printer dengan beberapa pecahan uang kertas.

"Saat diidentifikasi, salah satu pelaku merupakan mantan narapidana (napi) dalam kasus penyalahgunaan narkotika," terangnya.

Baca Juga : Dapat Program Aladin, Pemprov Sumbar Bedah Rumah Junaidi

Dari keterangan dari para pelaku juga, kata dia, terungkap bahwa perbuatan itu telah dilakoni sejak bulan Oktober 2020. Kemudian uang palsu itu dimanfaatkan untuk berbelanja dalam kebutuhannya sehari-hari.

"Uang tersebut digunakan untuk belanja dan berdasarkan keterangan pelaku, uang palsu yang baru dibelanjakan baru Rp100 ribu," terangnya lagi.

Sementara diketahui, ketiga pelaku berdasarkan laporan polisi nomor LP/52/XI/2020/SPKT Polsek Kubung tanggal 2 November 2020. Dari hasil tangkapan, dari ketiga pelaku itu telah disita barang bukti uang palsu sebesar Rp14,6 juta.

"Selain uang palsu, dari tangan pelaku juga disita barang bukti lain berupa lem, amplas, gunting, penjepit kertas dan penggaris diduga digunakan pelaku untuk mencetak uang palsu," tandasnya.

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]