Pengukuran Tanah Proyek Tol Padang-Pekanbaru Tahap II Sudah Sampai 3 Desa, Total Ada 75 Bidang


Selasa, 03 November 2020 - 16:14:58 WIB
Pengukuran Tanah Proyek Tol Padang-Pekanbaru Tahap II Sudah Sampai 3 Desa, Total Ada 75 Bidang Kepala Pengadaan Satker Tanah Jalan Tol Padang-Pekanbaru Wilayah II, Teddy Hariyanto.

HARIANHALUAN.COM - Kepala Pengadaan Satker Tanah Jalan Tol Padang-Pekanbaru Wilayah II, Teddy Hariyanto menyampaikan ada dua penetapan lokasi (penlok) untuk luas tanah Padang-Pekanbaru (Padang-Sicincin-Kapalo Hilalang). Pertama titik 0 kilometer (km) sampai 4,2 km dan sudah selesai 100 persen pengadaan tanah, serta di lapangan sudah terlihat bentuk fisik jalan tolnya. Nilai ganti rugi penlok pertama sampai Rp21 miliar.

"Jadi yang berjalan sekarang penlok kedua dari 4,2 sampai 36,6. Progress di lapangannya sudah di atas 90 persen. Itu dari beberapa desa yang sudah dimusyawarahkan sebanyak tiga desa. Alhamdulillah semua progressnya masyarakat menerima yang ditawarkan oleh penilaian KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik)," kata Teddy, Selasa (3/11/2020).

Hari ini, sebut Teddy, untuk proses pembayaran desa pertama sebesar Rp8,3 miliar. Adapun proses desa kedua dan ketiga masih menunggu kelengkapan berkas karena untuk pembayaran administrasinya harus betul-betul clear in clear supaya nantinya tidak ada masalah.

"Makanya kami sampaikan kepada masyarakat untuk bisa melengkapi berkasnya supaya kami mempercepat proses pembayarannya," pinta Teddy.

Teddy menegaskan, bahwa juga disampaikan dari Pemerintah Pusat dan PUPR telah mealokasikan sebesar Rp250 miliar tahun anggaran 2020 untuk ganti rugi dititik 4,2 km sampai 36,6 km. Jika masyarakat cepat melengkapi berkas maka pembayaran akan dibayarkan secara bertahap.

"Mana berkas masyarakat yang lengkap itu yang dibayarkan. Bagi yang belum lengkap mohon masyarakat bisa lengkapi administrasinya," pinta Teddy lagi.

Dalam tahapan pengadaan tanah, Teddy menjelaskan, jika sudah diukur tahapan selanjutnua diumumkan kepada masyarakat untuk melihat hasil kerja Satuan Tugas (Satgas) terkait kesesuaian luas, tegakan, dan bangunannya. Dalam pengumuman itu ada masa sanggah apabila tidak sesuai.

"Setelah pengumuman baru masuk kedalam tahapan penilaian. Penilaian yang dilakukan KJPP, setelah keluar hasil dan nilainya, kita umumkan. Jika masyarakat setuju harus melengkapi berkas, lalu kita bayarkan uang ganti ruginya," jelas Teddy.

Lebih lanjut, kata Teddy, yang sudah dilakukan tahapan penilaian sudah tiga desa sebanyak 75 bidang. Sedangkan yang sedang tahapan penilaian KJPP ada 151 bidang. Dalam Minggu ini diperkirakan keluar hasil penilaiannya dan dilanjutkan ketahap musyawarah. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]