744 Penyandang Disabilitas Tercatat sebagai Pemilih Tetap di Pilkada Pasaman 2020


Rabu, 04 November 2020 - 14:23:07 WIB
744 Penyandang Disabilitas Tercatat sebagai Pemilih Tetap di Pilkada Pasaman 2020 Taufiq

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman mencatat sebanyak 744 pemilih disabilitas (berkebutuhan khusus) masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di daerah itu.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Pasaman, Taufiq, memastikan hak pilih bagi 744 orang penyandang disabilitas akan tersalurkan pada Pilkada 2020 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Pasaman. 

Baca Juga : Diduga Langgar Kode Etik Pemilu 2020, KPU dan Bawaslu Sijunjung Disidang DKPP 

"Untuk di Kabupaten Pasaman, jumlah pemilih penyandang disabilitas sebanyak 744 orang. Dengan rincian, disabilitas fisik sebanyak 311 orang, disabilitas intelektual 81 orang, disabilitas mental sebanyak 167 orang serta disabilitas sensorik berjumlah 185 orang," terang Taufiq kepada wartawan, Rabu (4/11/2020).

Taufik menjelaskan, para penyandang disabilitas akan mendapatkan prioritas pelayanan dari petugas KPPS saat memberikan hak pilihnya di TPS.

Baca Juga : Tindak Pidana Pilkada, Kadis PMD dan Lima Kades Masuk Penjara

"Mereka akan diberikan fasilitas pendamping oleh anggota KPPS yang telah membuat surat pernyataan dalam membantu pemilih disabilitas menggunakan hak pilihnya dengan baik," tukasnya. 

KPU Pasaman, lanjut Taufik, juga menjamin saat pencoblosan TPS sudah steril, karena sudah disemprot dengan disinfektan untuk mencegah penularan Covid-19. 

Baca Juga : Sidang Pembuktian Gugatan Pilgub Kabupaten Solok Selesai, Diputuskan pada Maret

"Di sekitar TPS juga disediakan cairan pencuci tangan sehingga baik pemilih dan petugas benar-benar dalam keadaan bersih," katanya.

Sementara Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi mengajak warga yang sudah mempunyai hak pilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menyalurkan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 dan tidak golput.

Baca Juga : Pelantikan Kepala Daerah, Segeralah Tunaikan Janji-janji Politik!

"Kami mengimbau warga agar tidak golput. Pilkada akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020, datanglah ke TPS, gunakan hak pilih kita dengan baik," katanya. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]