Tak Kunjung Dibangun Pemerintah, Warga Sopan di Pasaman Goro Perbaiki Jalan


Rabu, 04 November 2020 - 16:47:41 WIB
Tak Kunjung Dibangun Pemerintah, Warga Sopan di Pasaman Goro Perbaiki Jalan Warga Sopan, Mapattunggul Selatan Goro memperbaiki jalan menuju Kuamang, Panti.

HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Kejorongan Sopan, Nagari Muaro Seilolo, Kecamatan Mapattunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, mengharapkan perhatian dari pemerintah untuk membangun akses jalan ke kampung halaman mereka. 

Pasalnya, infrastruktur jalan masih kurang memadai dan masih jalan setapak. Kondisi tersebut membuat Jorong Sopan kian terisolir dan semakin tertinggal. Minimnya perhatian dari pemerintah setempat sangat dikeluhkan oleh warga setempat. 

Baca Juga : Pelantikan Pemuda Dewan Da’wah Solsel, Jimmi: Gencarkan Dakwah di Medsos, Berantas Hoaks

Kepala Jorong Sopan, Amal Rianto mengatakan, untuk menuju ke kampung di balik Bukit Barisan itu bisa diakses lewat dua kecamatan, yaitu Pangian di Mapattunggul Selatan dan Kuamang, Nagari Panti Timur di Kecamatan Panti. 

"Akses terdekat di Kuamang. Makanya, kami warga gotong royong perbaiki jalan menuju Kuamang. Akses ini merupakan urat nadi ekonomi masyarakat Jorong Sopan," ujar Amal, Rabu (4/11/2020).

Baca Juga : Mentawai Jadi Daerah Terakhir yang akan Jemput Vaksin Covid-19 Tahap II

Dari informasi yang dihimpun harianhaluan.com, akses jalan menuju Sopan dari kedua kecamatan itu sama-sam sulit. Sebab, masih berupa jalan setapak, melintasi perbukitan dan jurang terjal. Butuh nyali yang kuat jika ingin berkunjung ke kampung yang dihuni ratusan kepala keluarga itu. 

Warga pun sudah acap kali menyuarakan kepada pemerintah setempat agar akses jalan menuju kampung mereka dibangun. Hal itu untuk memudahkan mobilisasi warga serta barang dan jasa lainnya. Selain itu, terbangunnya infrastruktur jelas akan memajukan kampung mereka dari ketertinggalan. 

Baca Juga : Hutama Karya Tegaskan Tidak Ada Penghentian Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Hanya...

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pasaman, Khairul Amri mengatakan, akses jalan menuju Sopan akan dibangun secara bertahap. Untuk tahun ini, kata dia, dianggarkan dana sebesar Rp193 juta. 

"Yang ada pokir di perubahan, untuk Kecamatan Panti, ruas jalan Mudiak Air - Sopan dengan dana PL (penunjukan langsung). Pagu dana Rp 193 juta," ujar Khairul. (*)

Baca Juga : Tiga Ruas Jalan Provinsi Jadi Prioritas, Ini Rinciannya

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]