Hutan Bhayangkara Polres Sijunjung, Pelestrian Alam dari Ancaman Kerusakan Lingkungan


Rabu, 04 November 2020 - 18:27:51 WIB
Hutan Bhayangkara Polres Sijunjung, Pelestrian Alam dari Ancaman Kerusakan Lingkungan Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan S.IK.M,Si berfoto bersama dengan wakil ketua DPRD Sijunjung, Sekwan DPRD Sijunjung usai melakukan penanaman di daerah pinggiran aliran Sungai, Rabu (4/11) di Kenagarian Silokek Kecamatan Sijunjung.

SIJUNJUNG,HARIANHALUAN.COM - Penanaman pohon secara massal diselenggarakan oleh berbagai pihak dengan mengambil dibeberapa tempat seperti di wilayah perbukitan dan daerah aliran sungai. 

Termasuk penanaman ratusan batang pohon manggis, Durian dan Matoa di sepanjang aliran sungai Batang Kuantan Kenagarian Silokek Kecamatan Sijunjung, Rabu (4/11) oleh Kapolres Sijunjung, BPDAS Riau, DPRD Sijunjung dan Pemkab Sijunjung serta warga masyarakat Jorong Sangkiamo Nagari Silokek yang berlokasi  dipinggir Sungai Batang  Kuantan yang merupakan bantuan dari BPDAS Riau.

Baca Juga : Usai Dilantik, Mahyeldi-Audy akan Tempati Rumah Dinas di Jalan Sudirman dan Raden Saleh

Kegiatan penanaman tersebut digelar dalam rangka penghijauan sekaligus melestarikan alam dari ancaman gangguan kerusakan lingkungan, sekaligus menjadikan
kawasan Hutan Bhayangkara Polres Sijunjung yang ada di Aliran Sungai Batang Kuantan tersebut.

Penanaman berbagai jenis pohon tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan,Sik,M.Hum didampingi oleh wakil ketua DPRD sijunjung,Sekwan DPRD Sijunjung, Kadispora sijunjung, Kadis Pertanian, Kapolsek sejajaran polres sijunjung, Kepala BPDASHL (Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan lindung) Provinsi Riau Desmantoro,S Hut,M.Si serta wali nagari Silokek Dedmon beserta Pokdarwis (kelompok sadar wisata silokek) dan warga masyarakat juga ikut melakukan penanaman.

Baca Juga : Pertamina Kembangkan PLTP di Sungai Penuh Jambi, Kapasitas 55 MW

Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan S.IK, M.Hum dalam sambutanya mengatakan bahwa warga masyarakat setempat agar terus melanjutkan penanaman pohon tersebut supaya lingkungan tetap asri dan menjaga ekosistem dan sekaligus agar dijaga. 

"Bibit pohon yang ditanam tersebut sangat bagus dan bermanfaat seperti Matoa dan manggis serta Durian, dimana nilai jual buahnya cukup mahal dan bisa menopang perekonomian masyarakat dan kalau pohonya sudah besar bisa membantu menahan erosi Pinggiran sungai yang terjadi saat musim hujan tiba," ujar Kapolres.

Baca Juga : Wali Kota Pariaman Berharap Musda LKAAM dan Bundo Kanduang Hasilkan Pimpinan Terbaik

Andry Kurniawan juga menambahkan, penanaman pohon di Kawasan Hutan Bhayangkara di Jorong Sangkiamo Nagari Silokek tersebut menitikberatkan pada pemulihan daerah aliran sungai. Hal itu dilakukan mengingat kondisi disekitar sungai sangat memprihatinkan. Kelestarian alam dan ekosistem di dalam tetap harus terus dijaga.

"Salah satu daerah aliran sungai paling disorot yakni disepanjang Sungai Batang Kuantan, dimana beberapa titik ditemukan kerusakan berupa tebing sungai longsor atau tergerus arus air karena tidak adanya penahan baik berupa perakaran pohon dan talud pengaman," ujarnya.

Baca Juga : Benny-Sabar Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, Ini Pesan Endang Tirtana

Diakhir sambutannya, Kapolres menuturkan Daerah aliran sungai dalam perawatannya tetap harus melibatkan masyarakat mengingat panjangnya aliran sungai. Keterlibatan masyarakat bisa dilakukan dengan hal paling sepele yaitu dengan tidak membuang sampah atau limbah ke sungai.

"Mari Kita sama-sama menjaga kelestarian alam serta menjaga ekosistem yang ada di Kenagarian Silokek Kecamatan Sijunjung," tutupnya. (*)

 

Reporter : Ogi Sunandar | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]