Hasil Tes Swab, 60 Pelaku Usaha di Mentawai Dinyatakan Negatif


Kamis, 05 November 2020 - 22:52:21 WIB
Hasil Tes Swab, 60 Pelaku Usaha di Mentawai Dinyatakan Negatif ilustrasi Covid-19

MENTAWAI, HARIANHALUAN - Berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen swab test Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang terhadap 60 orang pelaku usaha di Mentawai dinyatakan negatif.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Bidang Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Mentawai Lahmuddin Siregar melalui konferensi pers, Kamis (5/11/2020) di Aula sekretariat Daerah Mentawai bersama Jubir Bidang Teknis Satgas Penaganan Covid-19 Mentawai, Kepala dan Sekretaris Sat Pol PP Damkar Mentawai. 

Baca Juga : Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH Sambut Aspirasi Masyarakat Campago Barat

"Kita ingin menyampaikan bahwa hasil swab pertama bagi 60 pelaku usaha semuanya negatif, jadi tidak ada yang perlu ditakutkan bagi masyarakat pelaku usaha yang lainnya. Dalam waktu dekat, kita tim Satgas akan turun lagi untuk mengambil sampel swab test bagi yang belum ikut," paparnya.

Dia menyebutkan, untuk sementara pengambilan sampel swab test untuk para pelaku usaha jika hasilnya negatif hanya dilakukan sekali, mengingat keterbatasan Alat Pelindung Diri (APD) dan keterbatasan tim medis yang melakukan pengambilan sampel swab. Sementara itu, terkait perkembangan kasus positif Covid-19 di Mentawai hari ini bertambah sebanyak 9 orang diantaranya 3 orang diisolasi di RSUD Mentawai, 2 orang di Puskesmas Sikakap dan 2 orang isolasi mandiri di Solok dan di Padang.

Baca Juga : Agar Tepat Sasaran, Dinsos Pessel Mutakhirkan Data Fakir Miskin

"Pasien berasal dari 6 orang dari Sikakap dan 3 orang dari Tuapejat, hanya saja 6 yang dari Sikakap itu sedang berada di luar Mentawai, lalu dari 9 orang ini 3 orang adalah ASN, 2 Swasta, 2 ibu rumah tangga, 1 mahasiswa dan 1 anggota Polsek," paparnya.

Dengan adanya penambahan 9 kasus positif baru maka kata Lahmuddin total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Mentawai mencapai 121 orang dan dinyatakan sembuh 75 orang, yang masih menjalani isolasi sebanyak 46 orang.

Baca Juga : Aset KPN Agam Capai Rp39 Miliar Lebih, Andri Warman: Beri Kebaikan Untuk Seluruh Anggota

"Harapan kita Masyarakat tidak mengabaikan protokol kesehatan Covid-19, agar memutus mata rantai penyebaran Covid-19, semuanya harus disiplin, mulai dari tingkat keluarga gunakanlah masker jika keluar rumah, mencuci tangan dan jaga jarak," tutupnya. (*)

Reporter : Redi | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]