Terpilih Jadi Presiden AS, Ini Pesan Pertama Joe Biden


Selasa, 10 November 2020 - 03:26:58 WIB
Terpilih Jadi Presiden AS, Ini Pesan Pertama Joe Biden Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden.

INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengimbau warganya untuk memakai masker di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Biden mengatakan menggunakan masker dapat melindungi diri sendiri dan orang lain terpapar virus yang telah menewaskan 237 ribu orang di AS.

"Jadi tolong, saya mohon, pakai masker. Lakukan untuk dirimu sendiri. Lakukan untuk tetanggamu," kata Biden dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (10/11/2020).

Baca Juga : 10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih

Biden menambahkan mengenakan masker bukanlah pernyataan politik, tetapi "cara yang baik untuk mulai menyatukan negara." Dia mengatakan, dirinya tak akan menjadi Presiden sampai 20 Januari 2021. Namun, menurutnya memakai masker tak melihat pilihan politik dalam Pilpres AS lalu. Biden menyebut menggunakan masker dapat menyelamatkan puluhan ribu nyawa.

"Kami dapat menyelamatkan puluhan ribu nyawa jika semua orang hanya mengenakan masker untuk beberapa bulan ke depan. Bukan kehidupan Demokrat atau Republik, kehidupan Amerika," ujarnya.

Baca Juga : Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila

Biden menyatakan memakai masker di tengah pandemi bukan untuk membuat hidup warga AS kurang nyaman. Menurutnya, mengenakan masker bertujuan membuat hidup kembali normal. "Itu tidak akan selamanya (memakai masker). Tapi begitulah cara kita mengembalikan kecepatan dan ekonomi bangsa kita. Jadi kita bisa kembali merayakan ulang tahun dan liburan bersama, jadi kita bisa menghadiri acara olahraga bersama, dapatkan kembali ke kehidupan dan koneksi yang kami miliki sebelum pandemi," katanya.

Biden berjanji pihaknya dapat mengendalikan pandemi virus corona dan membangun kembali ekonomi AS yang lebih baik dari sebelumnya. "Kita bisa mengatasi disparitas berbasis ras yang merusak negara kita. Itu ada dalam kekuatan kita. Jadi, mari kita pakai masker," ujarnya.

Baca Juga : Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar

Dalam kesempatan yang sama, Biden mengatakan bahwa pihaknya telah menerima informasi terkait kemajuan pemberian vaksin Covid-19. Ia pun mengingatkan agar proses pembuatan vaksin itu didasarkan pada sains dan transparan. Biden dan wakilnya Kamala Harris telah menerima pengarahan dari Dewan Penasihat Covid-19, yang baru dirinya bentuk untuk menangani pandemi virus corona di Negeri Paman Sam.

 "Diharapkan FDA segera menjalankan proses tinjauan dan persetujuan yang ketat. Dan proses tersebut juga harus didasarkan pada sains dan sepenuhnya transparan sehingga rakyat Amerika dapat memiliki keyakinan bahwa setiap vaksin yang disetujui aman dan efektif," kata Biden.

Baca Juga : WHO Pusing, Ada Ancaman Baru ke Vaksin Covid

Sebelumnya, vaksin Covid-19 hasil kolaborasi antara Pfizer dan BioNTech diklaim 90 persen efektif mencegah Covid-19 dalam uji klinis tahap 3 yang masih berlangsung. Berdasarkan temuan awal, perlindungan vaksin pada pasien mencapai tujuh hari setelah dosis kedua, dan 28 hari setelah dosis pertama. Perusahaan tersebut berharap dapat memasok hingga 50 juta dosis vaksin secara global pada tahun ini, dan hingga 1,3 miliar dosis pada 2021. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : CNN Indonesia
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 16:31:51 WIB

    10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih

    10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih Bagi Anda kaum Adam yang ingin memiliki istri lebih dari satu, tak ada salahnya mencoba pindah kewarganegaraan ke Rusia. Sebab, di sana populasi yang tidak seimbang antara perempuan dan laki-laki membuat pemerintahnya mengelu.
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 16:20:38 WIB

    Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila

    Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila Belakangan ini seolah tak hentinya Bill Gates melontarkan peringatan tentang bahaya perubahan iklim. Salah satunya terkait kondisi cuaca yang bisa jadi akan semakin ekstrim pada masa-masa mendatang..
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 12:46:25 WIB

    Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar

    Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar Kepolisian Myanmar kembali melepaskan tembakan untuk membubarkan para demonstran antikudeta yang memadati jalan-jalan di Myanmar pada Minggu (28/2). Seorang pengunjuk rasa dilaporkan tewas tertembak sementara yang lain mengal.
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 11:23:47 WIB

    WHO Pusing, Ada Ancaman Baru ke Vaksin Covid

    WHO Pusing, Ada Ancaman Baru ke Vaksin Covid Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah 'pusing'. Ini terkait pasokan vakin corona (Covid-19) yang adil ke seluruh dunia..
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 14:51:11 WIB

    Joe Biden Beri Kepastian Amankan Saudi

    Joe Biden Beri Kepastian Amankan Saudi Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melakukan pembicaraan dengan Raja Arab Saudi Salman pada Kamis (25/2). Dalam percakapan perdana sejak Biden resmi menjadi pemimpin negara adidaya itu, ia menekankan komitmen AS untuk me.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]