Pernah Lihat Awan Mirip Bentuk UFO di Gunung, Ternyata Ini Faktanya!


Selasa, 10 November 2020 - 04:34:14 WIB
Pernah Lihat Awan Mirip Bentuk UFO di Gunung, Ternyata Ini Faktanya! Lenticular Clouds atau awan UFO.

SAINS, HARIANHALUAN.COM - Sempat muncul Lenticular Clouds atau awan berbentuk melingkar seperti UFO di atas gunung. Tentunya jadi jadi pembahasan yang hangat, Lantas apa itu Lenticular Clouds? Beberapa waktu lalu, Lenticular Clouds muncul di beberapa gunung di Pulau Jawa secara bersamaan. Sejumlah warganet membagikan foto-foto fenomena awan berbentuk seperti UFO atau caping itu dan kemudian viral di media sosial.

Dilansir dari HiTekno, Lenticular Clouds terlihat di Gunung Sumbing, Gunung Arjuno, Gunung Welirang, Gunung Sindoro, Gunung Lawu, Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Gunung Lawu. Berikut ini penjelasan Lenticular Clouds. Lenticular Clouds merupakan sejenis awan unik yang terbentuk di sekitar bukit maupun gunung karena efek dari pergerakan udara di area gunung.

Baca Juga : Terungkap! Kehidupan di Bumi Ternyata Bisa Bertahan di Mars

Awan Lenticular memiliki nama panggilan lain seperti “Kapal Awan”, “awan surga” dan “lennies”. Pergerakan udara ini menimbulkan sebuah pusaran. Awan Lenticular disebut terjadi karena aliran udara di atas gunung stabil dan dalam kondisi lembab. Partikel awan tersebut padat karena aliran udara lembab yang terus mengalir di sekitar awan dan bertahan hingga berhari-hari.

Awan Lenticular pada umumnya terbentuk seperti piring raksasa atau orang sering menyebutnya seperti UFO. Awan ini juga berbahaya bagi penerbangan karena gelombang udara di daerah tersebut sulit untuk dideteksi dan akan mengakibatkan guncangan pada pesawat atau yang biasa disebut turbulensi. Di sisi lain, awan ini hanya membawa udara dan tidak akan mengakibatkan badai atau hujan.

Baca Juga : Terungkap! Ilmuwan Klaim Penyebab Kematian Firaun

Ketika angin mengalir ke atas dan mendingin, udara akan mengembun akan membentuk awan di puncak gelombang. Awan ini seringkali membuat takut karena awan tampak melayang ditengah seperti membawa badai. Itulah penjelasan apa itu lenticular clouds, awan seperti UFO di gunung. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 01:47:41 WIB

    Terungkap! Kehidupan di Bumi Ternyata Bisa Bertahan di Mars

    Terungkap! Kehidupan di Bumi Ternyata Bisa Bertahan di Mars NASA kembali menunjukkan penelitian terbarunya yang mengungkapkan kehidupan dari Bumi dapat bertahan sementara di atmosfer mirip Mars. Temuan ini membantu para ilmuwan untuk lebih memahami kemungkinan mengeksploitasi lingkung.
  • Senin, 22 Februari 2021 - 01:14:14 WIB

    Terungkap! Ilmuwan Klaim Penyebab Kematian Firaun

    Terungkap! Ilmuwan Klaim Penyebab Kematian Firaun Ilmuwan dalam penelitian baru mengklaim telah berhasil mengungkap kematian Firaun Mesir Seqenenre Taa II. Salah satu penguasa penting di masanya. Menurut hasil dari penelitian terbaru ini, ilmuwan mengklaim kalau Firaun Mesir.
  • Rabu, 17 Februari 2021 - 22:58:28 WIB

    Teori Kemusnahan Dinosaurus yang Terbaru Diungkap Ilmuwan

    Teori Kemusnahan Dinosaurus yang Terbaru Diungkap Ilmuwan Para ilmuwan sebelumnya telah bersepakat akan teori kemusnahan dinosaurus dengan nama "penabrak Chicxulub". Namun kini muncul teori baru terkait musnahnya makhluk raksasa ini. Teori "penabrak Chicxulub" ini dipercayai dengan .
  • Selasa, 16 Februari 2021 - 11:15:20 WIB

    Dinosaurus Punah Karena Asteroid Tabrak Bumi & Jupiter? Ini Kata Peneliti

    Dinosaurus Punah Karena Asteroid Tabrak Bumi & Jupiter? Ini Kata Peneliti Pelaku baru yang berhasil memusnahkan dinosaurus di Bumi telah ditemukan oleh para peneliti. Menurut peneliti, Amir Siraj, ini seperti mesin permainan pinball dan ada kerja Jupiter di dalamnya..
  • Sabtu, 13 Februari 2021 - 06:39:46 WIB

    Heboh NASA Bilang Matahari Akan Terbit dari Barat, Benarkah?

    Heboh NASA Bilang Matahari Akan Terbit dari Barat, Benarkah? Matahari bisa terbit dari barat. Itu isi sebuah postingan Facebook yang dibagikan belasan ribu kali dan mengklaim bahwa hal itu diumumkan oleh lembaga antariksa NASA. Benarkah demikian?.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]