Husen Hutagalung: Generasi Milenial & Gen Z Bisa Manfaatkan Pariwisata Sebagai Lahan Bisnis


Selasa, 10 November 2020 - 17:54:09 WIB
Husen Hutagalung: Generasi Milenial & Gen Z Bisa Manfaatkan Pariwisata Sebagai Lahan Bisnis Husen Hutagalung, salah satu Antropolog. Dok PNP

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pariwisata sudah termasuk kebutuhan primer manusia dan mestinya jadi lahan bisnis yang takkan pernah mati. Seperti istilah "Travelling ia part of my life, vocation is my job!". Untuk mewujudkan semua itu, perkuliahan di Program Studi Usaha Perjalanan Wisata harus dimotivasi dan diarahkan pada profesi atau pekerjaan favorit generasi milenial, selaku peserta didik, seperti tour guide, Liaison Officer (LO), tour interpreter, NGO, survivor.

Hal itu diungkapkan Husen Hutagalung, salah satu Antropolog yang menjadi narasumber pamungkas dalam Co-Working Pengembangan Inovasi Akademik Berbasis Industri (Teaching Factory) yang digelar secara online dan offline di Ruang Pertemuan Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Padang (PNP), dilansir dari website PNP, Selasa (10/11/2020).

Baca Juga : Asyiknya Wisata di Moosa Edufarm: Mengenal Sapi Wagyu Penghasil Daging Termahal di Dunia

Husen melihat program desa wisata yang dikelola Program Studi Usaha Perjalanan Wisata juga efektif dikembangkan ke arah teaching factory karena potensial mengembangkan program Educational Tour, Employee/ Family Gathering.

"Karena Teaching Factory mengarah ke virtual business dan virtual office, maka peserta didik diharapkan mampu mengelola business incubator. Untuk mampu mengerjakan semua itu mereka harus menguasai softskill 80%, hard skill 20%," rinci Husen.

Baca Juga : Lari Pagi Bersama Sandi Uno, Audy Joinaldy Bahas Strategi Pengembangan Pariwisata Sumbar

Salah satu cara mewujudkan keterampilan softskill itu adalah menerapkan imbauan Dirjen Vokasi yang mengharuskan pengelola perguruan tinggi vokasi mewajibkan mahasiswa aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa. Staf pengajar juga diminta untuk mendidik mahasiswa jadi juara, bukan jadi pemenang, terang Husen.

"Tugas dosen memikirkan softskill yang dibutuhkan mahasiswa, karena misalnya, saat menjalani wawancara kerja dalam proses rekrutmen kerja saja, sebagian generasi milenial sudah mencari lowongan kerja alternatif karena mereka tak mau tekanan, kreatif, dan sudah memikirkan sesuatu yang belum terpikirkan oleh orang lain, dan siap membuang sesuatu yang tak dibutuhkan dalam bisnis mereka," kata Husen.

Baca Juga : Khusus Januari-Februari, Emersia Hotel Batusangkar Beri Paket Khusus Spesial Deal Rindu

Husen mengemukakan, media bisnis era baru 4.0 generasi milenial dan sesudahnya (Generasi Z) memperhitungkan virtual office, efisiensi kerja yang berujung pada penekanan biaya, startup, aplikasi bisnis baru yang didukung oleh layanan digital dalam kelompok kerja minimalis, focblog website yang umumnya berisi artikel, dan social media untuk bersosialisasi secara online tanpa dibatasi ruang dan waktu.

"Serta online shop, proses pembelian barang atau jasa melalui internet tanpa kontak fisik dan barang yang diperjualbelikan ditawarkan melalui display dengan gambar yang ada di suatu website atau toko maya," sebut Husen.

Baca Juga : Tiket Masuk Wisata Pantai Gandoriah Bakal Mulai Gunakan Sistem Elektronik

Husen juga mengimbau para dosen untuk melakukan introspeksi diri akan hakikatnya sebagai pendidik di era serba IT ini. Mereka harus berani mengubah mindset dalam mendidik generasi milenial dan pasca milenial yang ramah IT. Bagi generasi tersebut, untuk memulai bisnis tak perlu modal besar, mereka cukup mengandalkan otak dalam memanfaatkan sosial media.

"Sebagian mereka pun tak perlu disuruh berbisnis, karena mereka sudah melakukan dan sibuk dengan bisnis yang mereka gandrungi, sampai-sampai sebagai dosen kita yang susah menelepon mereka mengingatkan supaya konsentrasi dan menyelesaikan skripsi atau tugas akhir dulu," terang dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti ini. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]