Provinsi Serambi Makkah Keluar dari Zona Merah Covid-19


Rabu, 11 November 2020 - 05:06:03 WIB
Provinsi Serambi Makkah Keluar dari  Zona Merah Covid-19 Ilustrasi. Net

ACEH,HARIANHALUAN.COM-Provinsi berjulukan Serambi Mekkah ini telah keluar dari status zona merah penyebaran virus corona.

Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani mengatakan,  warga diminta untuk tetap mempertahankannya.

Baca Juga : Diduga Jadi Korban Pengeroyokan, Seorang Polisi Meninggal di Trotoar

"Pada hari pahlawan, 10 November 2020, masyarakat Aceh berhasil membebaskan daerahnya dari zona merah COVID-19. Sebelumnya Bireuen dan Aceh Singkil zona merah, kini zona oranye," kata Saifullah di Banda Aceh, Selasa malam (10/11/2020).

Dia menjelaskan masyarakat Aceh telah menunjukkan semangat kepahlawanannya dalam pertempuran melawan COVID-19. Perubahan peta zonasi risiko COVID-19 mustahil terjadi tanpa peran serta masyarakat dan semua unsur pemerintahan daerah.

Baca Juga : Edarkan Narkoba, Oknum ASN Lapas Bukittinggi dan Tiga Rekannya Diciduk

Menurut Jubir yang akrab disapa SAG itu Pemkab Bireuen dan warganya bekerja keras dalam tiga pekan terakhir untuk mengubah situasi pandemi daerah itu dari zona merah menjadi zona oranye. 

"Peran serta masyarakat menjalankan protokol kesehatan yang difasilitasi pemerintah setempat sangat mempengaruhi hasil tersebut," kata SAG. 

Baca Juga : Lagi! TKI Disiksa di Malaysia, Gaji 5 Tahun tak Dibayar

Ia menambahkan perjuangan untuk memperbaiki situasi pandemi juga dilakukan seluruh lapisan masyarakat dan Satgas COVID-19 kabupaten/kota. Masyarakat di Aceh Singkil juga berhasil mengubah status warna daerah itu dari zona merah menjadi oranye. 

“Aceh bebas zona merah di hari pahlawan ini karena Aceh Singkil dan Bireuen sudah menjadi zona oranye, dengan potensi risiko peningkatan kasus COVID-19 tingkat sedang," katanya, menjelaskan.

Baca Juga : Minggu Dini Hari, Ratusan Pemuda Bersenjata Terlibat Tawuran di Medan

Peta zonasi resiko COVID-19 Aceh pekan ini yakni zona risiko rendah atau zona kuning meliputi Aceh Timur, Aceh Barat Daya dan Aceh Tenggara. Sedang 20 kabupaten/kota lainnya merupakan zona risiko sedang atau zona oranye peningkatan kasus COVID-19. 

“Kita bersyukur dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat dan Satgas COVID-19 di tiga kabupaten/kota zona kuning. Sebelumnya ketiga daerah tersebut zona oranye, selangkah lagi Insya Allah menjadi zona hijau," ujarnya. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Antara
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]