Pemerintah Nagari Batu Hampar Selatan Bangun Fasilitas Air Bersih


Rabu, 11 November 2020 - 08:41:50 WIB
Pemerintah Nagari Batu Hampar Selatan Bangun Fasilitas Air Bersih Pemerintah Nagari Batu Hampar Selatan menggunakan dana desa untuk membangun fasilitas air bersih yang menjadi kebutuhan utama warga bagi ratusan Kepala Keluarga.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Nagari Batu Hampar Selatan menggunakan dana desa untuk membangun fasilitas air bersih yang menjadi kebutuhan utama warga bagi ratusan Kepala Keluarga.

Walinagari Batu Hampar Selatan Andi Hasan, mengatakan dana desa digunakan untuk membangun fasilitas air bersih. Kata dia, dengan pembangunan fasilitas air bersih dapat mengalir ke rumah-rumah warga melalui jaringan pipa air yang dibangun dengan dana desa juga.

Baca Juga : Sekolah jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Sumbar

"Selama ini masyarakat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Oleh sebab itu Kenagarian mengalokasi dana desa hingga puluhan juta untuk membangun sarana air bersih," ujarnya, dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Rabu (11/11/2020).

Andi menjelaskan, kebutuhan air bersih sudah lama didambakan oleh masyarakat terutama untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga, mencuci dan kebutuhan keluarga lainnya.

Baca Juga : Kendalikan Banjir Sungai Batang Lembang Solok, Pemprov Butuh Bebaskan 2,5 Hektare Lahan

Terlaksananya pembangunan air bersih itu berkat adanya kesepakatan semua pihak, terutama tokoh masyarakat, Bamus nagari, masyarakat. Pembangunan sarana air bersih ini pelaksanaanya terus dikebut, agar masyarakat bisa menikmati air bersih dengan cepat.

"Dengan rampungnya pembangunan sarana air bersih ini, pengelolaanya akan diserahkan kepada nagari, sesuai dengan adanya kesepakatan bersama antara Bamus nagari dan tokoh masyarakat di daerah ini," sebutnya.

Baca Juga : Pemkab Padang Pariaman Raih Nilai SAKIP B

Salah seorang masyarakat mengakui, sarana air bersih merupakan sangat vital dalam kehidupan masyarakat, melalui air bersih mampu mewujudkan kesehatan keluarga, setidaknya dapat membudayakan hidup bersih, sehat dan terhindar dari segala penyakit.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini | Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]