Kerjasama PTV-PNP Dorong Perkembangan Produk dan Transfer Ilmu Pengetahuan


Rabu, 11 November 2020 - 10:46:41 WIB
Kerjasama PTV-PNP Dorong Perkembangan Produk dan Transfer Ilmu Pengetahuan Direktur PNP Surfa Yondri.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Selain dengan industri besar, program ini juga mendorong kerjasama PTV dan Politeknik Negeri Padang (PNP) dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama dalam pengembangan produk serta transfer ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal itu disampaikan Direktur PNP, Surfa Yondri dalam kegiatan Pemilik Hak Cipta TF-6M dalam Co-Workingspace Pengembangan Inovasi Akademik Berbasis Industri (Teaching Factory) yang digelar secara online dan offline di Ruang Pertemuan Jurusan Teknik Mesin PNP, baru-baru ini.

Baca Juga : Ngeri! Pendidikan Jarak Jauh Bikin Siswa Kecanduan Gawai

"Kemitraan PTV dengan IDUKA sendiri bukan merupakan hal baru bagi PNP, selama ini sudah banyak pola kemitraan yang telah terjalin dengan harmonis, bahkan dalam paket ‘Pernikahan Massal’ pendidikan vokasi dengan IDUKA, penyelarasan kurikulum menjadi poin yang paling penting," kata Surfa Yondri.

Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Ditjen Pendidikan Vokasi, Benny Bandanadjaja mengatakan, Co-Working yang menelan Rp150 Juta itu adalah salah satu dari tujuh program kemitraan, namun secara keseluruhan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi memiliki sekitar 40 program dengan alokasi anggaran mencapai Rp3,5 triliun.

Baca Juga : PT Trakindo Serahkan Modul Ajar & Praktik ke Politeknik Negeri Padang

Benny menyebutkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) resmi meluncurkan tujuh Program Kemitraan Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV) dengan Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja (IDUKA) Tahun 2020.

"Program ini merupakan inisiasi Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dit. Mitras DUDI), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dalam rangka membangun (SDM) nasional yang berbasis pada kemitraan berkelanjutan antara Pendidikan Tinggi Vokasi dengan IDUKA," sebut Benny.

Baca Juga : Tahun 2021, ITP Buka 1.000 Kuota Mahasiswa Baru

Adapun ketujuh program yang diluncurkan pada tahun 2020, Benny merinci, meliputi Program Kemitraan Pendidikan Tinggi Vokasi dengan IDUKA, Program Pengembangan Penilaian Mutu Pendidikan tinggi Vokasi Berstandar IDUKA, Program Penguatan dan Pengembangkan Pusat Karier di Perguruan Tinggi Vokasi Kemudian, Program Penguatan Perguruan Tinggi Vokasi dalam Melaksanakan Rekognisi Pembelajaran Lampau di Bidang Prioritas, Program Penguatan Humas Kemitraan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja, Program Penyelarasan Kurikulum dan Sarana Prasarana Pendidikan Vokasi dengan IDUKA, dan Program Kampus Pendamping Kemitraan. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]