Pulihkan Sektor Pariwisata, Pengembangan SDM Jadi Fokus


Rabu, 11 November 2020 - 12:36:12 WIB
Pulihkan Sektor Pariwisata, Pengembangan SDM Jadi Fokus Dok phinemo

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Perwakilan Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (PSDM Kemenparekraf), Norman Sasono mengatakan, salah satu program yang telah dilaksanakan oleh Kementerian sata ini adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka menggenjot wisatawan.

"Hal ini sejalan dengan prioritas pembangunan nasional yang telah ditetapkan dalam kabinet presiden Jokowi, dimana pengembangan SDM mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat," sebut Norman Sasono, di Padang, baru-baru ini.

Baca Juga : Asyiknya Wisata di Moosa Edufarm: Mengenal Sapi Wagyu Penghasil Daging Termahal di Dunia

Sebagai upaya mendukung kebijakan dan program pengembangan SDM, kata Norman Sasono, PSDM Kemenparekraf saat ini telah melakukan penyusunan analisis supply dan demand tenaga kerja pariwisata Indonesia.

Menurut Norman Sasono, hal ini sangat bermanfaat agar terjadi keselarasan antara sisi kebutuhan dari dunia industri pariwisata dengan ketersediaan tenaga kerja dari sisi pendidikan vokasi dan pelatihan kerja.

Baca Juga : Lari Pagi Bersama Sandi Uno, Audy Joinaldy Bahas Strategi Pengembangan Pariwisata Sumbar

Sehingga kedepannya pelatihan kompetensi dari tenaga kerja pariwisata sesuai dengan kebutuhan industri didalam pelayanan kepada wisatawan.

"Saat ini tim kami dalam penyusunan analisis suppy and demand sudah melakukan beberapa tahap. Pertama kami sudah melakukan review terhadap klarifikasi baku jabatan," kata Norman Sasono.

Baca Juga : Khusus Januari-Februari, Emersia Hotel Batusangkar Beri Paket Khusus Spesial Deal Rindu

Kedua, juga telah dilakukan klarifikasi baku usaha terutama dibidang pariwisata yang telah disusun oleh Kementerian Pariwisata bersama BPS pada tahun 2015 lalu. Ketiga, sudah dilakukan pengumpulan data terkait sektor pendidikan baik pendidikan tinggi maupun vokasi.

"Terakhir tim dari kami sudah melakukan peta okupasi secara nasional terkait bidang pariwisata yang meliputi hotel, restoran, destinasi, spa, travel bisnis dan event," ujar Norman Sasono.

Baca Juga : Tiket Masuk Wisata Pantai Gandoriah Bakal Mulai Gunakan Sistem Elektronik

Lebih lanjut, Norman Sasono berharap hasil tersebut mendapat berbagai masukan dari stake holder, terutama dari akademisi, pelaku bisnis, praktisi, komunitas, asosiasi, pemerintah daerah dibidang pariwisata, serta media.

"Kami berharap agar dapat memberikan masukan terkait dokumen dari draft analisis supply dan demand ini. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi kita semua khususnya ketersedian suppy dan demand pariwisata," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]