Ketua Komisi II DPRD Sumbar Sebut PAD Dinas Kehutanan Miris, Hanya Belasan Juta Per Tahun


Rabu, 11 November 2020 - 13:09:25 WIB
Ketua Komisi II DPRD Sumbar Sebut PAD Dinas Kehutanan Miris, Hanya Belasan Juta Per Tahun Gedung DPRD Sumbar. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt. Intan Bano mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat internal bahwa menyangkut dengan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang akan dibahas oleh Komisi II DPRD Sumbar sebagai komisi terkait mengenai tata kelola komoditi.

Maka dinilai yang lebih strategis adalah rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan hutan. Pasalnya, kawasan hutan di provinsi ini belum ada dasar hukumnya.

Baca Juga : Pelantikan Pemuda Dewan Da’wah Solsel, Jimmi: Gencarkan Dakwah di Medsos, Berantas Hoaks

"Kenapa disampaikan demikian karena begitu luasnya area kawasan hutan yang perlu kita kelola belum ada dasar hukum dalam rancangan pengelolaan tadi," sebut Arkadius saat Ketua Panitia Khusus (Pansus) RPJPD 2005-2025 itu saat Rapat Paripurna dalam rangka penyampaian Nota Pengantar Ranperda APBD Provinsi Sumbar Tahun 2021, Selasa (10/11/2020) kemarin.

Arkadius menambahkan, dengan adanya Perda ini yang telah disusun, Dinas Kehutanan Sumbar menyampaikan pada rapat kerja (raker) Komisi akan mampu mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekurang-kurangnya Rp500 juta per tahun.

Baca Juga : Mentawai Jadi Daerah Terakhir yang akan Jemput Vaksin Covid-19 Tahap II

Maka dari itu, Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2005-2025 ini memohon untuk pembahasan Ranperda yang akan disampaikan notanya pada 24 November 2020 dilaksanakan pergantian terlebih dahulu.

"Mudah-mudahan kinerja tahun ini bisa dilaksanakan. Sehingga pendapatan asli daerah tahun 2021 mudah-mudahan bisa diwujudkan dari sektor Kehutanan yang PAD-nya sangat miris sekali hanya belasan juta per tahun," ujar Arkadius. (*)

Baca Juga : Hutama Karya Tegaskan Tidak Ada Penghentian Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Hanya...

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]