Ini 5 Cara Mencegah Depresi, Salah Satunya Kurangi Waktu dengan Medsos


Rabu, 11 November 2020 - 13:48:46 WIB
Ini 5 Cara Mencegah Depresi, Salah Satunya Kurangi Waktu dengan Medsos Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Depresi harus dihilangkan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Depresi merupakan gangguan jiwa yang bisa dialami oleh seseorang. Pada sebagian orang depresi dapat memberikan gejala yang membuat tidur lebih banyak, dan sebagian orang lainnya akan mengalami gejala sulit tidur dan hilangnya nafsu makan.

Selain itu, depresi juga memiliki gejala sulit berkonsentrasi, merasa sedih berkepanjangan, merasa masa depan tidak akan baik, merasa tidak berenergi, dan hingga merasa ingin melakukan bunuh diri.

Baca Juga : Vaksin Terampuh Lawan Covid Sudah Ketemu, Ini Dia!

Namun, sekarang ada beberapa cara untuk menghilangkan depresi, seperti dilansir dari Healthline.

1. Olahraga Secara Teratur

Baca Juga : Simak! 5 Manfaat Ajaib Rumput Laut, Buat Awet Muda hingga Detoksifikasi Kulit

Berolahraga secara teratur adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan mental Anda. Selain itu dalam mengatasi depresi dapat dengan melakukan olahraga yang mampu membantu meningkatkan mood. Olahraga secara rutin dapat membuat kamu merasa lebih baik. Keuntungan berolahraga ini berefek panjang karena mendorong otak untuk berpikir positif.

2. Kurangi Waktu dengan Social Media

Baca Juga : Bisa Dicoba, 7 Cara Cepat Membersihkan Paru-paru karena Rokok dan Polusi

Penelitian telah menunjukkan Trusted Source bahwa peningkatan penggunaan media sosial dapat menyebabkan atau berkontribusi pada depresi dan harga diri yang rendah. Media sosial bisa membuat ketagihan, dan penting untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, dan bahkan rekan kerja.

3. Mengurangi Stres

Baca Juga : Covid-19 Melandai, Jumlah Pasien RSKI Galang Turun Drastis

Stres kronis adalah salah satu penyebab umum depresi. Mempelajari cara mengelola dan mengatasi stres sangat penting untuk kesehatan mental yang optimal dengan cara melatih kesadaran.

4. Melakukan Hal Baru

Melakukan sesuatu kegiatan yang baru ketika Anda mulai terasa depresi dapat mencegah terjadinya depresi. Melakukan hal baru akan membuat Anda tertantang dan meningkatkan hormon dopamine yang berkaitan dengan rasa senang atau kenikmatan.

5. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup penting untuk kesehatan mental dan fisik. Menurut National Sleep Foundation, penderita insomnia memiliki risiko sepuluh kali lipat terkena depresi dibandingkan mereka yang tidur nyenyak.

Untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, Anda bisa melakukan dengan cara tidak melihat layar apa pun selama dua jam sebelum tidur dan hindari kafein setelah tengah hari. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : okezone.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]