Sektor Pertanian Dikebut, Kiat Kabupaten Dharmasraya Tumbuhkan Potensi Sektor Riil


Rabu, 11 November 2020 - 15:12:12 WIB
Sektor Pertanian Dikebut, Kiat Kabupaten Dharmasraya Tumbuhkan Potensi Sektor Riil Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat mengikuti panen padi disalah satu kawasan pertanian di Kabupaten Dharmasraya.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Upaya memaksimalkan pemanfaatan lahan pertanian di beberapa sentra pengembangan sektor agribisnis di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, yang diselaraskan dengan percepatan pembangunan bidang infrastruktur menjadi kiat tersendiri bagi daerah itu dalam menyangga potensi pertumbuhan sektor riil. 

Terbukti, hingga saat ini tercatat sebanyak 581 unit alat mesin pertanian (Alsintan) telah disalurkan ke para petani di daerah itu, sejak empat tahun terakhir. 

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah, Positivity Rate 7,49 %

"Selain itu, seluas 5063,29 Hektare perkebunan sawit masyarakat sudah dilaksanakan upaya penanaman kembali atau replanting untuk meremajakan kembali tegakan kelapa sawit 163.415 batang dan bantuan ternak sapi dan kambing bagi masyarakat yang terkena imbas kegiatan peremajaan tersebut, " ungkap Kepala Dinas Pertanian setempat, Darisman, di Dharmasraya, Rabu (11/11).

Menurutnya, tanpa mengesampingkan sektor lain seperti perdagangan dan industri, pengembangan sektor pertanian merupakan salah satu prioritas yang terus diupayakan berkembang di kawasan Kabupaten Dharmasraya

Baca Juga : Usai Dilantik, Mahyeldi-Audy akan Tempati Rumah Dinas di Jalan Sudirman dan Raden Saleh

Langkah tersebut, lanjutnya, disamping sebagai upaya menjaga ketersediaan pangan secara berkesinambungan, peningkatan sektor pertanian diyakini mampu memperkuat ketangguhan daya beli masyarakat yang menjadi kunci pertumbuhan sektor riil dalam tatanan perekonomian negara. 

"Sejauh ini pihak pemerintah daerah sudah meletakkan dasar-dasar yang tepat untuk itu, tinggal lagi bagaimana memacu serta memicu minat masyarakat khususnya kalangan milenial bisa menjadikan sektor pertanian sebagai pilihan profesi yang tentu saja harus dijalani dengan kesungguhan dan mengedepankan nilai profesionalitas, " ungkapnya. 

Baca Juga : Pertamina Kembangkan PLTP di Sungai Penuh Jambi, Kapasitas 55 MW

Karena, ulasnya, sektor pertanian dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan dengan memperhatikan karakteristik keunggulannya. Oleh karena itu, segala potensi pertanian  dapat digali searif mungkin agar memberi banyak manfaat bagi masyarakat petani. 

Terkait prioritas pengembangan sektor tersebut di Kabupaten Dharmasraya, menurutnya daerah itu memiliki potensi pertanian yang memberikan kontribusi cukup besar bagi kemajuan ekonomi masyarakat.

Baca Juga : Wali Kota Pariaman Berharap Musda LKAAM dan Bundo Kanduang Hasilkan Pimpinan Terbaik

Dengan memajukan potensi pertanian, tambahnya, setidaknya masyarakat sekitar kawasan sentra juga dapat menerima manfaat langsung melalui arus perputaran uang dan barang baik dalam pemenuhan kebutuhan pokok atau melalui pengadaan barang dan jasa lainnya terkait usaha pertanian. 

"Masyarakat petani juga harus siap untuk mengelola kekayaan alam agar berdampak pada peningkatkan ekonomi kerakyatan. Strategi pengelolaan potensi pertanian perlu dipikirkan secara matang," pungkasnya. (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]