PWI: Wartawan Bisa Jadi Jubir Yakinkan Publik Kalau Covid-19 Itu Ada


Rabu, 11 November 2020 - 01:01:33 WIB
PWI: Wartawan Bisa Jadi Jubir Yakinkan Publik Kalau Covid-19 Itu Ada Ketua PWI Pusat, Atal Depari. Dok Suarakarya.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengajak wartawan menjadi agen perubahan menggalang pemutusan rantai virus Corona atau Covid-19 melalui karya pers. Pasalnya masyarakat sangat percaya dengan wartawan.

Ajakan itu disampaikan Ketua PWI Pusat, Atal Depari saat diskusi BBC Media Action dan Dewan Pers bersama Jurnalis Ubah Laku, belum lama ini.

Baca Juga : Begini Cara Ampuh Mencegah Penyebaran Covid-19

Menurut Atal Depari, sulit mengubah perilaku seseorang karena beberapa persen masyarakat belum percaya kalau Covid-19 itu ada. Bahkan kata dia, ketika dirinya naik pesawat tidak ada jarak sama sekali. Demi mengutamakan bisnis akhirnya kebijakan untuk 3M tidak bisa dilaksanakan.

Atal Depari mendorong relawan untuk mensosialisasikan 3M. Karena ini sebagai kesempatan untuk membangun komunikasi mengenai Covid-19 kepada masyakarat, sebab hal ini juga bisa mempengaruhi mereka tidak percaya.

Baca Juga : Daun Pepaya Disebut Bisa Cegah Penyakit Malaria, Ini Faktanya

"Jadi wartawan harus berpikir cara menulis untuk merangkul rakyat. Karena sebenarnya masyarakat paling percaya pada wartawan. Termasuk ketika ada masyarakat yang tidak percaya ada Covid-19, wartawan bisa menjadi pemberi pesan yang efektif bahwa Covid-19 ada," ujar Atal Depari.

Oleh karena itu, Atal Depari meminta wartawan sembari mencari berita setiap hari, juga bisa menjadi juru bicara untuk menyampaikan kepada publik bahwa Covid-19 ini serius dan ada. Tidak ada pilihan bagi masyarakat untuk tidak membangun 3M.

Baca Juga : Bisa Menguatkan Tulang, Ini 7 Manfaat Selada untuk Kesehatan

Atal Depari juga mengimbau perusahaan pers ikut bertanggungjawab menyelamatkan para wartawan dan menjamin kesejahteraan keluarga wartawan yang bekerja penuh resiko ditengah pandemi. Seperti, membekali wartawan dalam bekerja dengan alat pelindung diri dan menerapkan SOP aman Covid-19. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 01 Maret 2021 - 02:36:42 WIB

    Begini Cara Ampuh Mencegah Penyebaran Covid-19

    Begini Cara Ampuh Mencegah Penyebaran Covid-19 Kepolisian Negara Republik Indonesia terus mengampanyekan protokol kesehatan kepada masyarakat seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan..
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 23:09:45 WIB

    Daun Pepaya Disebut Bisa Cegah Penyakit Malaria, Ini Faktanya

    Daun Pepaya Disebut Bisa Cegah Penyakit Malaria, Ini Faktanya Daun pepaya banyak diolah dan dikomsumsi menjadi tumisan atau menu olahan lainnya seperti buntil yang lezat. Tumbuh subur di daerah tropis, daun pepaya menyimpan banyak khasiat yang baik untuk tubuh..
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 22:36:47 WIB

    Bisa Menguatkan Tulang, Ini 7 Manfaat Selada untuk Kesehatan

    Bisa Menguatkan Tulang, Ini 7 Manfaat Selada untuk Kesehatan Selada air adalah sayuran hijau yang memiliki ciri-ciri batang berongga dengan daun lonjong bertangkai. Biasanya selada air dimakan mentah atau dimasak menjadi tumisan. Selada air menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk t.
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 19:40:01 WIB

    Studi: Konsumsi Bawang Putih dan Jahe Bisa Kurangi Risiko Kanker

    Studi: Konsumsi Bawang Putih dan Jahe Bisa Kurangi Risiko Kanker Risiko kanker ternyata bisa dikurangi dengan mengonsumsi bawang putih dan jahe. Pasalnya, kedua bahan alami tersebut mengandung efek anti-oksidan dan anti-inflamasi. Hal ini terungkap dari sebuah studi yang jurnal diterbitk.
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 18:50:24 WIB

    Ini Alasan Menkes Lebih Memilih Sinovac Cs untuk Vaksinasi

    Ini Alasan Menkes Lebih Memilih Sinovac Cs untuk Vaksinasi Salah satu ketentuan vaksinasi mandiri atau gotong royong adalah menggunakan jenis vaksin di luar 4 vaksin yang dipakai dalam vaksinasi program. Apa alasan pemerintah memilih 4 vaksin tersebut?..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]