Marc Klok Akhirnya Berpaspor Indonesia


Kamis, 12 November 2020 - 21:24:34 WIB
Marc Klok Akhirnya Berpaspor Indonesia Marc Klok jadi WNI.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Usai sudah penantian Marc Klok untuk pindah kewarganegaraan. Pilar Persija Jakarta tersebut resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), setelah diambil sumpah di Kantor Kementerian Hukum dan Ham Wilayah DKI Jakarta, Kamis (12/11/2020). Klok sudah mengajukan jadi WNI sejak tahun lalu.

Tapi, seiring berjalannya waktu proses naturalisasi yang diajukan tersebut tidak ada kelanjutannya hingga awal tahun ini. "Saya sangat senang. Terima kasih semua, PSSI, Persija, PSM Makassar, DPR, fan, dan semua. Hari ini, 12 November, saya resmi jadi WNI," kata Klok usai pengambilan sumpah dilansir Goal.com.

Setelah pindah warga negara, Klok mengaku tidak sabar untuk bermain di timnas Indonesia. Ia menyebut siap mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya bila mendapat kepercayaan berseragam Merah Putih. "Momen ini sudah lama sekali saya tunggu. Setelah hari ini saya berharap bisa bermain untuk timnas Indonesia dan memberikan prestasi tertinggi untuk negara ini," ujar eks PSM Makassar tersebut.

Dengan demikian, maka akan ada dua pemain Persija musim ini yang berstatus naturalisasi. Sebelumnya sudah ada Otavio Dutra yang melepas status kewarganegaraan Brasil tahun lalu. Pada pertengahan tahun lalu, Klok sudah sempat dipanggil dalam pemusatan latihan timnas Indonesia saat masih dipegang Simon McMenemy, untuk laga uji coba. Namun, kehadirannya hanya sekadar berlatih saja.

Mantan pemain Dundee itu tidak bisa bermain dalam uji coba timnas Indonesia lantaran proses naturalisasinya belum selesai. Meski begitu, Klok tetap antusias dalam mengikuti latihan yang diberikan. Saat ini Klok, lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Hal tersebut karena Persija sedang meliburkan para pemainnya sejak beberapa pekan lalu.

Keputusan tersebut diambil karena Liga 1 baru dimulai Februari 2021. Kepastian ini didapatkan usai PT Liga Indonesia Baru (LIB) menerbitkan surat bernomor 395/LIB-KOM/XI/2020, tertanggal 2 November 2020. Selama libur para pemain Persija tetap diminta berlatih mandiri. Upaya tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi Ismed Sofyan dan kolega tidak menurun drastis saat kembali berkumpul.

Sebelum Liga 1 dihentikan pada pertengahan Maret lalu, Persija sudah bermain dua kali. Hasilnya, Macan Kemayoran meraih satu kemenangan dan satu imbang. (*)

 Sumber : Goal.com /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]