Total Dana Desa Sumbar Sejak 2015 Capai Rp4,3 Triliun


Jumat, 13 November 2020 - 00:59:31 WIB
Total Dana Desa Sumbar Sejak 2015 Capai Rp4,3 Triliun Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar menyatakan dana desa dari pemerintah pusat hingga tahun ini sudah mencapai Rp4,3 triliun. Kucuran dana itu dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat desa/nagari yang ada di provinsi itu.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar, Jefrinal Arifin mengatakan, aliran Dana Desa sejak tahun 2015-2020 Sumbar telah menerima sebanyak Rp 4,3 triliun.

"Dana tersebut langsung ditransfer ke desa/nagari guna pemberdayaan masyarakat desa/nagari," kata Jefrinal saat meninjau tatkala meninjau BUMDes PIIDPEL( Green Talao Park), kemarin.

Sebelumnya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menjekaskan, SDGs Desa merupakan salah satu upaya terpadu untuk mewujudkan tercapainya  tujuan pembangunan Nasional berkelanjutan atau SDGs Nasional.

"Tiga poin yang menjadi fokus utama dalam prioitas penggunaan Dana Desa tahun 2021 antara lain, pertama, pemulihan ekonomi Nasional sesuai kewenangan Desa. Hal tersebut terkait dengan pembentukan, pengembangan, dan revitalisasi BUMDes/ BUMDesma, penyediaan listrik Desa dan pengembangan usaha ekonomi produktif, utamanya yang dikelola BUMDes/BUMDesma," katanya dilansir daei Ditjen Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Ditjen PPMD Kemendes RI), Minggu (1/11/2020).

Kedua, program prioritas Nasional sesuai kewenangan Desa, diantaranya terkait dengan pendataan Desa, pemetaan potensi dan sumber daya, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, selain itu, pengembangan Desa Wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di Desa serta terkait dengan Desa inklusif.

"Fokus ketiga berkaitan dengan kondisi pandemi saat ini yaitu adaptasi kebiasaan baru mengenai Desa Aman Covid-19," ujarnya. (*/Hms-Sumbar)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]