Pjs Bupati Pessel: Keterbukaan Informasi Perwujudan Hak Konstitusi Warga Negara


Jumat, 13 November 2020 - 08:26:26 WIB
Pjs Bupati Pessel: Keterbukaan Informasi Perwujudan Hak Konstitusi Warga Negara Pjs Bupati Pessel, Mardi saat melakukan presentasi monitoring evaluasi keterbukaan informasi badan publik 2020

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Pjs Bupati Pesisir Selatan, Mardi mempresentasikan pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan di depan Tim Panelis sebagaimana surat undangan Komisi Informasi Provinsi Sumatra Barat surat bernomor 78/KI-PSB/XI/2020 tertanggal 03 November 2020 perihal pemberitahuan Presentasi Badan Publik.

Hal tersebut dilakukan guna mengungkap sepak terjang pengelolaan dokumentasi dan informasi publik kepada Tim Panelis yang dihadirkan Komisi Informati (KI) Provinsi Sumbar. Penyelenggaraan pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik pada Pemerintah Daerah Pesisir Selatan sudah mengacu pada marwah yang diinginkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagai perwujudan hak konstitusi warga negara.

“Pengelolaan keterbukaan informasi publik merupakan bagian dari visi dan misi Bupati Pesisir Selatan, yaitu dengan mewujudkan reformasi birokrasi dengan aparatur yang bersih dan responsive dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat," katanya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Jumat (13/11).

Dilanjutkannya, capaian yang telah diraih Pemerintah Daerah Kabupaten dilakukan secara bertahap dimulai pada tahun 2017.
“Awalnya Perangkat Daerah pada tahun 2017 hanya satu yang aktif, pada tahun-tahun selanjutnya sudah keseluruhan Perangkat Daerah yang aktif termasuk 182 Pemerintahan Nagari atau mencapai 100%, artinya PPID Pembantu sudah begitu peduli dengan keterbukaan Informasi Publik," lanjutnya.

Mardi melanjutkan, total Daftar Informasi Publik kalau awalnya hanya 151 DIP kemudian pada tahun 2020 menjadi 15.624 DIP kalau diakumulasikan semenjak tahun 2017 sampai saat ini, keseluruhan DIP berjumlah 29.628. Begitu juga dengan layanan permohonan informasi, walaupun disaat pandemi Covid-19 tetap menunjukan peningkatan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Pencapaian kinerja tersebut berawal dari komitmen, koordinasi, kolaborasi, komunikasi serta konsistensi badan publik pada daerah setempat dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik dan yang lebih penting lagi setiap waktu itu adalah inovasi yang tiada henti sebagai semboyan kami,” ungkapnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]