DPRD Sumbar Pertanyakan Langkah Pemprov Pulihkan Pertumbuhan Ekonomi dari Resesi


Jumat, 13 November 2020 - 14:22:40 WIB
DPRD Sumbar Pertanyakan Langkah Pemprov Pulihkan Pertumbuhan Ekonomi dari Resesi Ketua DPRD Sumbar, Supardi (kiri) saat rapat paripurna

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar menggelar Rapat Paripurna terkait Penyampaian Jawaban Gubernur terhadap Pandangan Umum Fraksi atas Ranperda tentang APBD Tahun 2021 di Gedung Utama DPRD, Jumat (13/11/2020).

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Sumbar Supardi yang dihadiri pimpinan Fraksi, Komisi, Bapemperda, serta Bandan Kehormatan.

Supardi mengatakan, bahwa Fraksi-fraksi di DPRD 

Sumbar telah menyampaikarn Pandangan Umum Fraksi-nya, terhadap Ranperda tentang APBD Provinsi Sumbar 2021. Dalam Pandangan Umum Fraksi tersebut, ada sejumlah pertanyaan, tanggapan, masukan dan saran yang disampaikan.

Pertama, belum sejalannya penyusunan anggaran. Hal ini dapat dilihat dalam program prioritas dan terjadinya pergeseran alokasi anggaran yang sudah disepakati dalam KUA-PPAS dengan yang diusulkan dalam Ranperda APBD Tahun 2021. Belum

sejalannya antara perencanaan dan anggaran, berdampak terhadap capaian target kinerja pembangunan sudah ditetapkan dalam RPJPD Sumbar Tahun 2016-2021.

"Kedua, bagaimana kebijakan dan upaya yang akan dilakukan oleh daerah untuk mewujudkan Pertumbuhan

Ekonomi (PE) sebesar 4,7 % sd 5,7 % pada Tahun 2021,

ditengah-tengah pandemi covid-19 dan resesi ekonomi," sebut Supardi.

Ketiga, belum nampaknya reformasi dan inovasi pada sektor pendapatan daerah sebagaimana yang dimaksud dalam Permendagri Nomor 64 Tahun 2020. Hal ini terlihat dari sumber-sumber pendapatan daerah khususnya PAD yang diusulkan dalam Ranperda APBD Tahun 2021.

Keempat, sampai sejauh mana capaian target kinerja dari 10 Program Prioritas daerah yang telah ditetapkan dalam RPJMD, baik untuk sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi dan sosial budaya dan bagaimana upaya yang akan dilakukan dalam bentuk program yang konkrit untuk mewujudkan capaian kinerja yang masih rendah.

"Kelima, bagaimana dilakukan oleh Pemerintah Daerah

dalam penanganan pandemi Covid-19 pada tahun 2021 yang akan datang, baik sektor kesehatan dan dampak ekonomi," ujar Supardi. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]