Direktur PNP Surfa Yondri Resmi Sandang Gelar Doktor


Jumat, 13 November 2020 - 17:41:34 WIB
Direktur PNP Surfa Yondri Resmi Sandang Gelar Doktor Direktur PNP Surfa Yondri.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Prestasi membanggakan diraih oleh Surfa Yondri yang kini sedang menjabat sebagai Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP). Bg Yon, demikian panggilan akrabnya, dinyatakan berhak menyandang gelar Doktor S3 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Jumat (13/11/2020).

Gelar doktor merupakan sebuah pengakuan bahwa seseorang sudah lulus dari level "pendidikan formal" yang paling tinggi. Dan hasil tersebut dia raih setelah berhasil mempertahankan disertasinya pada sidang yang dihadiri oleh 7 penguji.

Tim penguji terdiri dari Prof. Dr. Nirwadi Jalinus M.Ed, Prof Dr. Ambiyar M.Pd, dan Dr. Sukardi M.T. Sedangkan penguji luar Prof. Ir. Muhammad Anshar, M. Si, Ph. D merupakan Guru Besar dari Politeknik Negeri Ujung Pandang. Sementara promotornya, Prof. Ganefri Ph.d, dan Krismadinata, S.T, M.T Ph.d.

Judul disertasi pria asal Kabupaten Tanah Datar ini adalah Pengembangan Model Pembelajaran Teaching Factory di Pendidikan Vokasi Dalam Era Revolusi Industri 4.0.

Surfa Yondri menjelaskan, pada intinya model yang dia tawarkan dalam disertasinya sangat bermanfaat karena Teaching factory merupakan salah satu metode pendekatan proses pendidikan di pendidikan vokasi agar daya saing lulusan bisa meningkat dan keterserapan lulusan perguruan tinggi di dunia kerja meningkat karena dengan Teching factory proses pembelajaran menyamai proses di Industri.

"Pengalaman berlajar berbasis industri atau dunia kerja akan membentuk sikap dan perilaku (softskill) peserta didik," papar Surfa Yondri kepada Harianhaluan.com.

Dengan begitu, suami dari Novriza Zainyar ini, berharap kedepannya pendidikan vokasi dapat menerapkan Teaching Factory. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]