Sumbar Siap Siaga Hadapi Bencana


Jumat, 13 November 2020 - 22:44:24 WIB
Sumbar Siap Siaga Hadapi Bencana Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam upaya penanggulangan bencana, Gubernur Sumbar Irwan Praytino mengatakan semua pihak sepatutnya harus proaktif, tanggap dan selalu untuk siap siaga. Irwan pun kembali mengingatkan pentingnya kewaspadaan terhadap Covid-19 yang masih mewabah khususnya di Sumbar.

Disampaikannya, ini menjadi bagian dalam keseriusan pemerintah hadir dalam upaya menangani bencana alam sebelum terjadinya. Begitu juga untuk melihat sarana dan prasarana yang dimiliki sekaligus kapasitas dari sumber daya manusia (SDM).

"Kita juga ingin menguji kemampuan dan keterampilan dalam memobilisasi kemampuan yang ada, karena masyarakat wajib kita lindungi dari berbagai bencana dengan rasa aman, nyaman dan tentram," ujarnya, Jumat (13/11/2020).

Irwan berharap bisa melihat kekurangan yang dimiliki. Apa saja yang masih perlu dibenahi dan dipenuhi untuk mendukung penanggulangan bencana. Sekaligus konsolidasi antar pihak terkait dalam membangun sinergitas dan kesamaan persepsi.

"Sumbar adalah super market bencana, untuk itu Satgas Bencana mampu bergerak cepat, tepat dan efisien dalam menangangi bencana. Kita semua tetap siaga hadapi bencana," sebutnya.

Irwan Prayitno mengatakan, penanggulangi bencana wajib dilaksanakan pemerintah yang diatur dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2014. Ini merupakan tugas dari pusat yang melibatkan TNI, Polri dan instansi terkait. Untuk penanganan bencana alam ataupun bencana non alam.

"Sebagai contoh bencana non alam, yaitu Covid-19. Bencana yang kita hadapi saat ini, untuk itu kita hadir disini mengantisipasi dan membantu masyarakat yang terkena bencana," ucapnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]