Yorkshire Ripper Meninggal Dunia, Pelaku Pembunuhan Berantai 13 Wanita Inggris


Jumat, 13 November 2020 - 22:52:44 WIB
Yorkshire Ripper Meninggal Dunia, Pelaku Pembunuhan Berantai 13 Wanita Inggris ile foto tertanggal 5 Januari 1981 ini menunjukkan para petugas polisi tengah menggiring Sutcliffe si pembunuh berantai (ditutupi selimut) dari Pengadilan Dewsbury. (Sumber: AP Photo-Kompas.tv))

LONDON,HARIANHALUAN.COM-Seorang laki-laki  yang kondang dengan julukan “Yorkshire Ripper” karena menjadi pelaku pembunuhan berantai, meninggal dunia di rumah sakit pada usia 74 tahun.

Penebar teror dan ketakutan di seluruh Inggris utara di tahum 1970an tersebut seperti dilansir dari Associated Press,  meninggal dunia Jumat (13/11/2020).

Sebelum meninggal, Peter Sutcliffe si “Yorkshire Ripper”, mantan penggali kubur itu tengah menjalani masa hukuman seumur hidup di penjara atas pembunuhan terhadap 13 perempuan di Yorkshire dan Inggris barat-laut antara tahun 1975 hingga 1980.

Media Inggris melaporkan, Sutcliffe telah menolak perawatan setelah terbukti positif Covid-19 dan kondisi kesehatannya memburuk. Pihak koroner akan menyelidiki penyebab kematiannya.

Serangan biadab Sutcliffe terhadap para perempuan muda diperparah dengan ketidakmampuan pihak kepolisian menangkapnya, hingga Sutcliffe bisa terus bebas dan membunuh. 

Perburuan menangkap Yorkshire Ripper merupakan kasus perburuan terbesar di Inggris, dengan sekitar 2,5 juta jam dihabiskan dalam upaya untuk menangkapnya. 

Sejumlah film dokumenter juga mengisahkan para penyidik Inggris keras kepala yang kukuh berpegang pada teori-teori mereka, tapi kehilangan petunjuk utama, abai pada bukti kontradiktif dan membuang-buang waktu mereka dalam upaya menangkap sang pembunuh.

Meskipun diwawancarai sembilan kali dalam penyelidikan, Sutcliffe baru ditangkap saat tengah bersama seorang pelacur di dalam mobilnya. (*)

 Sumber : Kompas.tv /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]