Ricuh, Warga Protes Pemagaran Lahan oleh PT Pelindo


Jumat, 13 November 2020 - 23:23:26 WIB
Ricuh, Warga Protes  Pemagaran Lahan oleh PT Pelindo Pemagaran lahan Pelindo di Bengkulu diwarnai ricuh. (Antara)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Kericuhan terjadi saat  pemagaran lahan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Bengkulu, karena warga yang menguasai lahan tersebut menolak rencana pemagaran, Jumat (13/11/2020).

Salah satu warga setempat yang mencoba mediasi dengan pihak PT Pelindo, Rinaldo mengatakan bahwa BUMN itu tidak berhak memagar lahan karena belum ada mediasi dengan warga. 

Apalagi, kata Rinaldo sebagian warga sudah mendirikan bangunan semi permanen di atas lahan tersebut dan sepengetahuan warga lahan tersebut juga dijual kepada warga.

"Ini tanah negara. Kita mau pihak Pelindo lakukan mediasi terlebih dahulu kepada warga," kata Rinaldo, Jumat. 

Ia mengatakan Pelindo harus menyertakan dokumen resmi penguasaan lahan dan melakukan gugatan di pengadilan.

"Kita minta jalur hukum. Silahkan Pelindo perdatakan kami jangan asal pasang pagar dan mau membongkar bangunan kami," katanya. 

"Sehingga, untuk memutuskan pergi dari sini, warga meminta ganti rugi," katanya.

Kericuhan dilatarbelakangi aksi penolakan warga yang menghalangi pemancangan patok di atas lahan seluas 9 hektare tepatnya di samping Kantor PT Pertamina. 

Tiga orang ditangkap petugas kepolisian karena diduga menyulut kericuhan.

Sedangkan Deputi General Manager Bidang Hukum dan Pengendalian Internal PT Pelindo, Oka Sudarsono mengatakan pemagaran ini bagian dari upaya menjaga aset yang dipercayakan negara kepada Pelindo dan rencananya wilayah ini akan dikembangkan sesuai rencana induk pembangunan pelabuhan.

"Pelabuhan merupakan objek vital yang harus dijaga untuk kepentingan semua orang maka dari itu pemagaran akan kami lakukan menyusul banyaknya masyarakat yang mengklaim bahwa lahan itu tidak terurus," kata Oka. (*)

 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]