143 Ribu Anak di Nigeria Meninggal Akibat Pneumonia


Sabtu, 14 November 2020 - 01:13:05 WIB
143 Ribu Anak di Nigeria Meninggal Akibat Pneumonia Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Ratusan ribu anak di Nigeria harus kehilangan nyawa karena menderita pneumonia atau radang paru-paru yang disebabkan infeksi. Tercatat, ada 143 ribu anak di bawah lima tahun meninggal dunia setiap tahunnya akibat pneumonia.

Menteri Kesehatan Nigeria, Olorunnimbe Mamora mengatakan, penyakit tersebut membunuh 132 dari 1.000 bayi yang lahir setiap tahunnya. Menurutnya, pneumonia semakin merusak kesehatan anak-anak di Nigeria dengan kombinasi penyakit lainnya.

Asosiasi Pediatrik Nigeria telah meminta kepada pemerintah untuk memperbaiki catatan kematian tersebut. Terlebih kondisi saat ini diperparah dengan adanya pandemi COVID-19.

Virus corona telah "mengakibatkan gangguan pada layanan pencegahan dan perawatan anak terapeutik termasuk imunisasi, suplementasi makanan, dan perawatan dini untuk penyakit umum," kata asosiasi itu dalam sebuah pernyataan Rabu.

Menurutnya, dengan adanya pandemi COVID-19, kondisi semakin parah. Bahkan, lebih parah dibanding gabungan penyakit AIDS, malaria dan diare.

CEO Save the Children Inggris Kevin Watkin mengtakan pandemi COVID-19 telah menghancurkan negara-negara miskin. "Pandemi telah mengekspos kekurangan oksigen yang menghancurkan di negara-negara termiskin," kata Kevin. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]