Bukit Tambun, Surga Olahraga Paralayang di Kabupaten Dharmasraya


Sabtu, 14 November 2020 - 15:43:06 WIB
Bukit Tambun, Surga Olahraga Paralayang di Kabupaten Dharmasraya Ketua Milenial Dharmasraya, Sutan Varel Oriano bersama Milenial dan Srikandi saat napak tilas Almarhum H. Syahrul Furqan di Bukit Tambun Nagari Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Hanya dengan menempuh waktu perjalanan selama 20 menit dari pusat pemerintahan Kabupaten Dharmasraya di Pulau Punjung, menjadikan kawasan Bukit Tambun yang berada di Kenagarian Gunung Selasih sebagai salah satu spot unggulan olahraga paralayang di provinsi Sumatera Barat. 

Berbeda dengan beberapa titik arena olahraga raga paralayang lainnya di provinsi itu, sebut saja Bukit Langkisau di Kabupaten Pesisir Selatan dengan pesona hamparan lautan atau kawasan Puncak Lawang di Kabupaten Agam dengan pemandangan Danau Maninjau dari ketinggian, Bukit Tambun justru dikelilingi hamparan datar nan hijau yang merupakan penggabungan potret alam hutan tropis dan peladangan masyarakat daerah itu. 

Sehingga, jarak tempuh yang dekat yakni sekitar tiga kilometer dari ruas jalan Lintas Sumatera, menjadikan spot alam nan mencengangkan itu layak ditandai sebagai salah satu spot destinasi wisata favorit bagi para pencinta olahraga ekstrem tersebut. 

Untuk membangkitkan kembali geliat kunjungan ke kawasan itu, generasi muda yang tergabung dalam komunitas Relawan Smart Milenial (RESMI) Dharmasraya, berupaya mempromosikan kembali melalui kegiatan napak tilas ke objek wisata Bukit Tambun.

Selain sebagai upaya promosi, kegiatan itu sekaligus untuk mengenang jasa-jasa salah seorang putra terbaik daerah itu, Syahrul Furqan, yang wafat baru-baru ini dalam jabatan sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, yang merupakan perintis sekaligus Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) kabupaten Dharmasraya.

Ketua Relawan Smart Milenial (RESMI) Dharmasraya, Sutan Varel Oriano, menyebutkan kegiatan rekan-rekan milenial se Dharmasraya yang dikomandoi oleh Milenial Smart Sungai Balik Nagari Gunung Selasih, merupakan wujud apresiasi sekaligus berbelasungkawa atas kehilangan salah satu tokoh dan pahlawan Dharmasraya Alm H. Syahrul Furqan, SKM. 

"Kami bernapak tilas kelokasi yang dirintis oleh almarhum yang telah sukses menjadikan lokasi ini sebagai objek wisata alam sekaligus spot olahraga Aero Sport Dharmasraya dan Sumbar," ungkapnya, Sabtu (14/11). 

Menurutnya, perjuangan sosok Syahrul Furqan merintis objek wisata Bukit Tambun dan mengembangkannya menjadi arena olahraga paralayang merupakan terobosan yang patut ditiru dan dilanjutkan secara berkesinambungan oleh para generasi muda daerah itu.

Bukit Tambun, lanjutnya semakin dikenal setelah cabang olahraga Aero Sport mengelar even tingkat Sumbar dan nasional, bahkan Bukit Tambun juga menjadi tuan Rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar yang akan digelar pada 2021 mendatang. 

"Bertepatan dengan semangat Hari Pahlawan, kami datang ke Bukit Tambun untuk melihat peninggalan Almarhum, bersih-bersih sekaligus menanamkan sebanyak 30 pohon Mahoni di areal Bukit Tambun ini, " ujarnya

Sutan Varel berharap apa yang telah dirintis oleh almarhum H. Syahrul Furqan akan terus dilanjutkan oleh pemerintahan daerah dan milenial Dharmasraya akan mengawal guna memberikan masukan kepada pihak pemerintah daerah agar memperhatikan objek wisata Bukit Tambun dan objek wisata lainnya yang ada di Dharmasraya. 

Terpisah, Ketua Pemuda Jorong Sungai Balik, Syaipul, mengatakan jika kawasan tersebut dikembangkan menjadi objek wisata yang terprogram baik dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai penggiatnya, diyakini akan memberikan efek positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

"Kami bertekad akan melanjutkan rintisan yang sudah ada ini dan sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah serta semua pihak khususnya para penggiat olahraga paralayang dan pihak-pihak lainnya, sehingga harapan masyarakat menjadikan kawasan ini bisa memberi kontribusi positif bagi masyarakat bisa dicapai, "tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]