Menag: Dewan Hakim Bukan Unsur Pelengkap di MTQ Nasional XXVIII di Sumbar


Sabtu, 14 November 2020 - 16:08:30 WIB
Menag: Dewan Hakim Bukan Unsur Pelengkap di MTQ Nasional XXVIII di Sumbar Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi saat melantik 135 Dewan Hakim, 7 Pengawas, dan 26 Panitera Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional ke XXVIII di Sumbar Tahun 2020 di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Sabtu (14/11/2020).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi mengatakan, dewan hakim bukan unsur pelengkap dalam setiap penyelenggaraan MTQ. Bagi Menag, dewan hakim adalah unsur penentu selama MTQ digelar.

Hal itu disampaikannya saat melantik 135 Dewan Hakim, 7 Pengawas, dan 26 Panitera Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional ke XXVIII di Sumbar Tahun 2020 di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Sabtu (14/11/2020).

Menurut Menag, pelaksanaan MTQ yang dinantikan bukanlah hasilnya siapa yang menjadi juara dan siapa yang menjadi pemenang. Tetapi harus diperhatikan prosesnya dan hal itu ditentukan oleh kualitas, objektivitas penilaian dewan hakim.

"Saya percaya dewan hakim yang ikut penyelenggaraan MTQ Nasional adalah orang-orang pilihan yang bisa menjalankan tugasnya dengan baik, sekaligus diharapkan kontribusinya dalam meningkatkan kualitas MTQ," kata Menag.

Menag berharap kepada dewan hakim yang ikut serta dalam perhelatan MTQ Nasional XXVIII di Padang dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan penuh komitmen dan amanah.

"Dewan hakim harus menghormati kode etik dan perhakiman, serta menguasai pedoman perhakiman," pinta Menag. 

Menang pun mengapresiasi pelaksanaan MTQ Nasional yang dari waktu ke waktu berupaya menyempurnakan pedoman perhakiman dalam MTQ. Akan tetapi jika pedoman perhakiman tanpa didukung profesional, dan integrita akan percuma.

"Tugas dewan hakim menuntut keikhlasan, profesionalitas, dan tanggungjawab moral. Sebagai kita ketahui penilaian dan keputusan dewan hakim MTQ bersifat mutlak dan final, serta mengingat bagi seluruh peserta dan panitia," tegas Menag. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]