MTQ Nasional Diharapkan Dapat Meningkatkan Kesadaran Beragama 


Sabtu, 14 November 2020 - 16:22:53 WIB
MTQ Nasional Diharapkan Dapat Meningkatkan Kesadaran Beragama  Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin mengatakan melalui kegiatan MTQ Nasional XXVIII di Sumbar ini dapat meningkatkan kesadaran beragama umat Islam dan kerukunan antarumat beragama yang harus dipelihara di setiap jengkal wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Pemerintah Daerah dan kafilah peserta MTQ dari 32 provinsi seluruh Indonesia, yang pada malam taaruf ini telah hadir di tengah-tengah kita," kata Kamaruddin Amin, di Padang, Sabtu (14/11/2020).

Kamaruddin Amin menyebutkan, sebagian besar peserta MTQ Nasional dari seluruh provinsi adalah para juara MTQ di daerah masing-masing. 

"Pelaksanaan MTQ diharapkan tidak hanya sekadar menghadirkan syiar Al Quran, akan tetapi lebih dari itu, MTQ hendaknya mampu membangkitkan kesadaran umat untuk memahami, menghayati dan mengamalkan petunjuk dan pesan-pesan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari," tutur Kamaruddin Amin.

Diketahui, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXVIII Tingkat Nasional tahun 2020 di Sumbar dimulai dengan Malam Ta'aruf yang diikuti peserta dari 32 provinsi di Indonesia yang dihadiri oleh para Gubernur masing-masing peserta di Auditorium Gubernuran, Jumat (13/11/2020) malam.

Malam Ta'aruf bertema "Dengan MTQ Nasional Kita Wujudkan SDM yang Unggul, Profesional dan Qurani Untuk Mewujudkan Indonesia Maju yang Religius" juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin.

Pada acara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan Malam Ta’aruf ini diadakan sebagai ajang silaturahmi pemerintahan bersama perwakilan kafilah yang akan mengikuti MTQ Nasional ke-XXVIII tahun 2020.

"Malam taaruf adalah malam saling berkenalan. Kami yakin peserta yang datang dari seluruh provinsi sudah siap berkompetisi di MTQ yang ke-XXVIII," kata Irwan Prayitno. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]