Febri Diansyah: Kerja Kolektif Penyelenggara dan Peserta Pilkada Lahirkan Pemimpin Berintegritas


Sabtu, 14 November 2020 - 16:54:14 WIB
Febri Diansyah: Kerja Kolektif Penyelenggara dan Peserta Pilkada Lahirkan Pemimpin Berintegritas Pasangan Kepala Daerah Kabupaten Dharmasraya Nomor Urut 2, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Dasril Panin Datuk Labuan (SR-Labuan), bersama Kuasa Hukumnya Febri Diansyah dan Donal Fariz yang tergabung dalam VISI INTEGRITAS Law Office.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, Febri Diansyah, meyakini kerja kolektif antara penyelenggara dan peserta dalam Pilkada Serentak 2020 untuk bersama-sama menjunjung tinggi prinsip demokrasi dan berintegritas, adalah kunci utama melahirkan pemimpin terpilih yang benar-benar dirasakan manfaat dan kerja nyatanya oleh masyarakat. 

Keyakinan itu ia sampaikan di Dharmasraya, Sumatera Barat pada Sabtu (14/11), mengawali tugas-tugasnya memberikan pendampingan hukum bersama salah seorang aktivis anti korupsi, Donal Faris, bagi pasangan calon Sutan Riska Tuanku Kerajaan -Dasril Panin Datuk Labuan, dibawah naungan Kantor Hukum Visi Integritas. 

"Berdasarkan Surat Kuasa Nomor: 02/SK-Khusus/Visi Integritas/X/2020, kami telah melayangkan surat ke pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat, guna menegaskan komitmen kami bersama pasangan calon pemberi pemberi kuasa untuk menjaga agar penyelenggaraan pemilihan berlangsung secara demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil," ungkapnya, di Dharmasraya. 

Menurutnya, Ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan merupakan salah satu syarat utama untuk mewujudkan hal demikian, salah satunya dalam bentuk tidak melakukan kampanye negatif dengan menebar hoax dan isu SARA, serta tidak melakukan praktik politik uang. 

Ia juga menegaskan, dalam masa kampanye ini pasangan calon nomor urut 2 itu juga berkomitmen mematuhi protokol kesehatan dan akan memberikan upaya terbaik demi mewujudkan pesta demokrasi ini dapat menghadirkan kontestasi yang berkualitas kepada masyarakat Dharmasraya.

Selain itu, pihaknya juga percaya KPU Dharmasraya akan bersikap netral dan profesional dalam melaksanakan Pilkada 2020 ini. 

"Dan terhadap Bawaslu Kabupaten Dharmasraya, Kami berharap agar dapat memaksimalkan kewenangan pengawasan dan jika dibutuhkan melakukan penindakan pelanggaran secara tegas, terutama jika terjadi politik uang, penggunaan isu SARA dan penyebaran kebohongan (hoax), serta pelanggaran lainnya yang dapat menciderai prinsip-prinsip kedaulatan rakyat dan azas berdemokrasi di Indonesia, " sebutnya. 
 
Pihaknya juga meminta pihak Bawaslu untuk menggunakan kewenangan penindakan pelanggaran terhadap berbagai potensi permasalahan tersebut yang dilakukan oleh pihak lain. 

Dengan demikian, lanjutnya, pesta demokrasi tersebut dapat menghadirkan kontestasi yang berkualitas dan bisa dijadikan keteladanan yang baik dalam memilih pemimpin kepada masyarakat. 

"Kami berharap semua pihak memiliki komitmen yang sama agar proses Pilkada ini menjadi proses demokrasi yang sehat dan berkualitas sehingga tujuan utama terpilihnya pemimpin yang bersih, berintegritas dan mampu bekerja nyata bisa tercapai, " tutupnya.

Reporter : Rully Firmansyah / Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]