Pertunjukan Seni Sebagai Lokomotif Ekonomi Kreatif Segera Diterapkan di Padang


Sabtu, 14 November 2020 - 18:28:31 WIB
Pertunjukan Seni Sebagai Lokomotif Ekonomi Kreatif Segera Diterapkan di Padang Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian

PADANG, HARINHALUAN.COM-- Sempat fakum, kegiatan pertunjukan seni sebagai lokomotif penggerak subsektor ekonomi kreatif diupayakan untuk kembali dikembangkan. Pengembangan itu dilakukan dengan upaya menyusun gebrakan baru dengan melibatkan komunitas-komonitas.

"Karena Padang telah ditunjuk sebagai kota seni pertunjukan maka diperlukan langkah yang akan kita lakukan kedepannya," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian, Sabtu (14/11/2020).

Salah satu langkah dan upaya yang akan dilakukan, kata dia, yakni mencoba menggelar kegiatan-kegiatan yang bersifat yang lebih menonjolkan seni pertunjukan tersebut.

"Diantaranya yakni dalam bentuk festival ataupun lomba-lomba bertemakan seni pertunjukan," jelasnya.

Tentu rencana itu, kata dia, perlu support dari pelaku seni itu sendiri agar bisa berkolaborasi bagaiamana seni pertunjukan tersebut menjadi lokomotif untuk menggerakan sektor yang lainnya.

"Seperti, kita punya kuliner, ada fashion dan lain sebagainya. Jadi, seni pertunjukan merupakan lokomotif dari subsektor ekonomi kreatif dan lainnya," sambungnya lagi.

Lebih jauh Arfian menjelaskan, hal itu yang menjadi alasan bagaimana untuk konsen di tahun berikutnya memperhatikan seni pertunjukan tersebut.

"Dibanding tahun sebelumnya, sifatnya hanya sporadis saja mungkin hanya satu atau dua kegiatan dan itupun belum tertata dengan baik. Makanya ini akan kita coba susun, minimal dalam satu bulan itu ada kegiatan baik dalam bentuk ajang penampilan dari tim pembuka, kemudian dikolaborasikan dengan kuliner dan lain sebagainya," terangnya.

Jika dilihat, jelas Arfian, pada tahun sebelumnya sudah dicoba gebrak seperti itu. Di Permondo, itu ada kuliner, spot-spot untuk seni pertunjukan untuk tampil, tapi dimasa pandemi terhenti.

"Mudah-mudahan kalau pandemi sudah berakhir, 2021 kita hidupkan itu kembali dengan melibatkan komunitas-komunitas yang ada dan itulah yang kita harapkan," tutup Arfian. (*)


 

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]