Pengrajin Pot Bunga dari Serabut Kelapa Mampu Pekerjaan Puluhan Anak Putus Sekolah


Sabtu, 14 November 2020 - 19:49:39 WIB
Pengrajin Pot Bunga dari Serabut Kelapa Mampu Pekerjaan Puluhan Anak Putus Sekolah Amaniarti sedang menekuni pembuatan pot bunga dari serabut kelapa

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Dengan memanfaatkan bahan limbah dari serabut kelapa, Amaniarti, warga Kecamatan Koto Tangah Kota Padang mampu menciptakan lapangan kerja bagi anak-anak putus sekolah. 

Kemudian bermodalkan ilmu dan keterampilan yang didapatnya dari pelatihan dan youtube, Amaniarti mampu memperkerjakan sepuluh orang, sehingga kerajinannya itu makin berkembang pesat.

"Berawal ketika saya mengikuti pelatihan tentang pembuatan pot bunga dengan memanfaatkan bahan-bahan limbah. Selanjutnya ilmu yang didapat dipelajari lagi dengan melihat youtube," sebut Amaniarti, Sabtu (14/11/2020).

Setelah mengerti, kemudian ilmu yang didapat diajarkannya kepada anak paket C dan akhirnya terbuatlah kerajinan pot bunga yang dipasarkan sehingga bisa menghasilkan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kemudian karya ini saya pasarkan melalui via Whatshap dan ternyata masyarakat sangat berminat untuk membelinya," terangnya.

Tak hanya dari Padang, kata dia, sejumlah pembeli diluar Padang pun berminat untuk membelinya, karena saat ini bunga menjadi hobi oleh masyarakat. Dengan memanfaatkan keadaan tersebut, maka dibuatlah pot yang menarik seperti, pot bunga yang dibuat dari serabut kelapa ini.

"Alhamdulillah sangat laku sekali, selain Padang, yang memesan juga ada dari Darmasraya, Kota Solok, Sijunjung dan Bukittinggi. Semuanya mememsan kepada kami," terangnya lagi.

Sementara diketahui, kerajinan pot bunga dan kaligrafi itu sendiri berada dikawasan Jalan Pasir Muaro Ganting Kampung KB, Paurupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]