Prabowo Subianto Minta Pemerintah Bebaskan Tokoh Pendukung


Ahad, 15 November 2020 - 09:34:37 WIB
Prabowo Subianto Minta Pemerintah Bebaskan Tokoh Pendukung Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto.

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Menindaklanjuti kepulangan Imam Besar FPI (Front Pembela Islam) Habib Rizieq  Shihab,  Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meminta pemerintah membebaskan sejumlah tokoh yang ditahan.

Sedangkan Habib Rizieq  juga akan membuka ruang dialog dengan pemerintah dengan satu syarat yakni menghentikan kriminalisasi ulama dan para aktivis.

Menurut Menteri Pertahanan Prabowo, hal ini dia sampaikan sebagai syarat rekonsiliasi usai Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Pernyataan Prabowo tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, yang dikutip Pikiran-Rakyat.com melalui unggahan foto di akun Instagram @fraksipartaigerindra dan RRI, Sabtu,  (14/11/2020).

"Tak hanya pemulangan Rizieq Shihab, Prabowo juga meminta pemerintah membebaskan sejumlah tokoh pendukung yang ditangkap karena terjerat kasus hukum," kata Ahmad Muzani.

Sebagaimana diketahui, beberapa tokoh pendukung Prabowo saat Pilpres 2019 telah ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian atas berbagai kasus hukum.

Beberapa tokoh itu antara lain Mantan Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko, mantan Kepala Staf Kostrad Kivlan Zen, mantan Kapolda Sofyan Jacob, Bachtiar Nasir yang ditetapkan dalam kasus pencucian uang, dan Eggi Sudjana yang dijerat kasus makar.

Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab  siap jika harus melakukan rekonsiliasi dengan pemerintahan Joko Widodo. Akan tetapi, sebelum rekonsiliasi, Habib Rizieq menginginkan ada ruang dialog antara ulama dengan pemerintah.

"Ada yang teriak rekonsiliasi-rekonsiliasi, mana bisa rekonsiliasi kalau pintu dialog tidak dibuka. Buka dulu dialog baru rekonsiliasi. Tidak ada rekonsiliasi tanpa buka dialog," kata Habib Rizieq.

Menurut dia, dialog antara ulama dan pemerintah penting untuk menjernihkan banyak persoalan. Ruang dialog diharap dapat membuat kedua pihak duduk bersama menyampaikan pendapat masing-masing. (*)

 Sumber : Pikiranrakyat.com /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]