KMDM Gelar Jumat Berkah, Berkolaborasi dengan Tim PTB LPPM Unand


Ahad, 15 November 2020 - 10:17:19 WIB
KMDM Gelar Jumat Berkah, Berkolaborasi dengan Tim PTB LPPM Unand Pemberian edukasi sebelum pemberian paket Sedekah Pangan di TPA Masjid Al-Wathan , Limau Manih, Padang. (Ist-Harianhaluan.com)

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM) melalui unit usaha Pasar Rabu Tani (PRT) secara rutin menyelenggarakan Program Jumat Berkah dengan menghimpun donasi berupa dana segar dari para donatur.

Kemudian Tim Manajemen Program Jum’at Berkah dari PRT KMDM membelanjakan hasil donasi tersebut untuk bahan pangan segar dan sehat serta tambahannya dari para produsen baik petani, peternak, dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang dan sekitarnya yang selama ini menjadi pemasok PRT. 

Paket Sedekah Pangan plus tersebut kemudian didistribusikan kepada anak-anak di berbagai panti asuhan, rumah tahfidz, sekolah, masjid/mushola, dan sebagainya di Kota Padang.

Seperti pada Jumat (13/11/2020) adalah pekan ke sepuluh penyelenggaraan Jum’at Berkah PRT KMDM, Paket Sedekah Pangan plus didistribusikan untuk para Santri Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) di Masjid Al-Wathan dan Mushalla Al-Jadid yang berada di Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Pemilihan lokasi-lokasi tersebut didasarkan pada pertimbangan karena berada di lingkungan terdekat dari Kampus Universitas Andalas (Unand) dan Kantor KMDM sekaligus Gudang PRT. Direncanakan kegiatan ini akan diselenggarakan dan dilanjutkan ke wilayah lainnya sebagai bentuk kepedulian sosial yang diperluas sekaligus pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan.   

Pada kesempatan itu, KMDM berkolaborasi dengan Tim Pusat Tanggap Bencana (PTB) yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unand. Sebelum pendistribusian Paket Sedekah Pangan oleh PRT KMDM, terlebih dahulu dilaksanakan Kegiatan Edukasi Penerapan Kebiasaan New Normal untuk para Santri.

Dengan materi: pengenalan pandemi Covid-19 dan langkah pencegahannya, praktik mencuci tangan sesuai protokol kesehatan, cara memakai masker sesuai protokol kesehatan, dan motivasi untuk menerapkan cara dan gaya hidup sehat. 
Penyerahan donasi sejumlah 114 Paket Sedekah Pangan plus untuk para Santri TPA dan 10 paket untuk para Guru di TPA-TPA tersebut. Tambahan Paket Sedekah Pangan yang didistribusikan adalah 5 kilogram kurma, 7 botol sabun cuci tangan, 6 spanduk Edukasi Covid-19, dan 114 masker kain.

Pada awal kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, Tim PTB LPPM Unand dipimpin oleh DR. Gusti Sumarsih menggunakan metode bercerita atau story telling dan kemudian dialog interaktif serta praktik langsung dengan para Santri TPA bersama para Guru mereka yang mengikuti rangkaian acara dengan antusias. Bahkan sebagian orang tua para Santri TPA juga hadir menyaksikan langsung proses edukasi yang diselenggarakan. 

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan donasi yang sebelumnya diawali dengan penyampaian permohonan doa bersama para Guru dan Santri TPA untuk para donatur yang dipimpin oleh Direktur PRT KMDM Eli Ratni. 

Dalam kesempatan setelah rangkaian kegiatan tersebut, Eli menyatakan bahwa kerja sama PRT KMDM yang berkolaborasi dengan PTB LPPM Unand tersebut berawal dari kegelisahan bersama setelah sembilan pekan sebelumnya melihat dan menghadapi kenyataan kurangnya kepedulian masyarakat secara umum dan khususnya para penerima Paket Sedekah Pangan plus yang belum menerapkan protokol kesehatan di era kelaziman baru ini.   

Ketua KMDM, Virtuous Setyaka menyampaikan bahwa Program Jum’at Berkah berupa penghimpunan donasi dan pendistribusian Paket Sedekah Pangan plus adalah serangkaian kegiatan yang selama ini diselenggarakan dengan maksud mengajak kepada siapapun untuk terus berbuat baik dan mendatangkan manfaat bagi banyak pihak (multiplier effect). 

Efek pelipatgandaan manfaat dari Paket Sedekah Pangan plus bagi para donatur adalah mendatangkan kebahagiaan karena berbagi rezeki dengan orang lain. Mereka mendapatkan manfaat dalam aspek moral dan spiritual sebagai tanda syukur dan kepedulian sosial. 

Bagi para produsen yang memasok produk mereka ke PRT selama ini, hal tersebut berarti terus memperpanjang bergulirnya produksi yang mereka lakukan. Mereka mendapatkan manfaat dalam aspek ekonomikal yang berkelanjutan. Sedangkan para penerima manfaat dari Paket Sedekah Pangan plus ini merasakan terbantu secara langsung dalam pemenuhan kebutuhan pangan plus kesehatan, sekaligus motivasi untuk terus belajar agama dan bekerja sosial. 

Secara budaya, Program Jum’at Berkah dengan Paket Sedekah Pangan plus ini juga sebuah kerja bersama atau gotong royong untuk menghadapi beragam persoalan khususnya di masa pandemi yang mendatangkan ancaman bagi krisis kesehatan, krisis pangan, dan krisis ekonomi agar tidak berlanjut menjadi krisis moral yang lebih besar dan krisis sosial yang lebih luas.

Program Jum’at Berkah dalam bentuk Paket Sedekah Pangan plus PRT KMDM diselenggarakan bukan hanya sebagai kegiatan kepedulian sosial yang spontanitas, namun dikelola secara struktural dan sistematis di dalam wadah koperasi agar terus berkelanjutan. Selain itu, juga memberi kesempatan kepada para Dosen atau Akademisi dari berbagai kampus yang menjadi Anggota KMDM maupun Non-anggota KMDM untuk menyelenggarakan pengabdian masyarakat berkelanjutan. 

"Selain Program Jum’at Berkah dalam bentuk Paket Sedekah Pangan plus, KMDM juga memiliki program kerja pendampingan para petani, peternak, dan pelaku UMKM yang selama ini dihimpun sebagai produsen dan pemasok PRT KMDM agar terwujud kemandirian ekonomi mereka," jelas Virtuous Setyaka. (*) 

Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]