Ayo Dicoba, Snorkeling dan Diving Air Tawar di Pemandian Batang Tabik Payakumbuh


Ahad, 15 November 2020 - 12:37:53 WIB
Ayo Dicoba, Snorkeling dan Diving Air Tawar di  Pemandian Batang Tabik Payakumbuh Minangkabau Diver bersama dengan Unit Selam Diving Proklamator Universitas Bung Hatta menyelam di pemandian alami Batang Tabik Payakumbuh. (Foto: dokumen Minangkabau Diver)

Bosan menyelam atau snorkeling di laut atau di pulau untuk menikmati pesona bawah lautnya. Kali ini komunitas selam dari Minangkabau Diver bersama dengan Unit Selam Diving Proklamator Universitas Bung Hatta melakukan penyelaman dengan peralatan scuba diving lengkap di pemandian alami Batang Tabik Payakumbuh.

Oleh: Indrawadi (Diving Proklamotor Universitas Bung Hatta)

HARIANHALUAN.COM - Di pemandian Batang Tabik ini terdapat tiga buah kolam yang dibuat sesuai dengan peruntukannya, kolam pemandian untuk anak-anak, dan kolam pemandian untuk orang dewasa, satu lagi dinamai kolam ibu.

Dinamai kolam ibu mungkin karena kolam masih alami dan belum disentuh seperti dua kolam lainnya yang dasarnya sudah di poles dengan lantai keramik. Dari kolam ibu ini jugalah yang sumber airnya yang langsung dari Gunung Sago dan mengairi dua kolam lainnya.

Dasar kolam yang berpasir dan bebatuan, membuat kolam ibu sangat jernih, jadilah air di tempat tersebut jernih sehingga bisa untuk snorkeling dan diving. Ditambah lagi dengan ribuan ikan air tawar menambah suasana semakin asyik seperti di lautan, bedanya disini tidak ketemu terumbu karang.
Dikolam inilah yang menjadi spot diving dan snorkeling dan spot untuk foto bawah air, dan tidak perlu takut akan terbawa arus laut sehingga semakin menyenangkan tanpa khawatir.

Meskipun ribuan ikan warna warni yang membuat seperti berada di laut, jangan khawatir airnya akan berbau amis dan kotor. Airnya terus mengalir tanpa henti, bahkan saking jernihnya, apa saja yang ada di dasar kolam yang berpasir dan bebatuan ini bisa langsung terlihat dari atas.

Kalau anda melakukan snorkeling atau diving di pemandian ini, maka judulnya adalah menyelam air tawar rasa terumbu karang, karena selain ditemani ribuan ikan air tawar dasar kolamnya pun berpasir dan bebatuan sehingga menciptakan sensasi yang luar biasa. (*)

 Sumber : Indrawadi /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]