Dorong Semangat Petani, Kades Kubang Tangah Gratiskan Pajak Bumi


Ahad, 15 November 2020 - 13:29:03 WIB
Dorong Semangat Petani, Kades Kubang Tangah Gratiskan Pajak Bumi Kades Kubang Tangah dan Wali Kota Sawahlunto

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Dorong semangat masyarakat untuk mengolah pertanian, Kepala Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatra Barat, menggratiskan seluruh pajak bumi lahan pertanian milik warganya.

Bukan menggunakan alokasi dana desa, namun, Rice, Kades Kubang Tangah tersebut, rela menggeruk uang dalam kantong pribadinya.
Bagi Rice, menggratiskan pajak bumi lahan pertanian itu merupakan program pribadi, yang diniatkannya ketika diusung masyarakat menjadi calon kepala desa.

"Dengan tidak lagi membayar pajak bumi seluruh lahan pertanian, mudah-mudahan masyarakat termotivasi untuk menggarap lahan pertaniannya," ungkap Rice, Minggu (15/11).

Bagi Rice, dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, sektor pertanian dan peternakan sangat relevan untuk dikembangkan. "Harapannya, tentu masyarakat bersemangat mengolah lahan pertanian yang ada," tambah Rice.

Untuk.menggratiskan pajak bumi atas lahan pertanian itu, Rice mengeluarkan sedikitnya Rp14 juta uang pribadinya. Saat ini, lanjutnya, salah satu kelompok tani di Kubang Tangah sedang melakukan pengembangan pertanian bawang di lahan pertanian.

Sementara untuk petani yang membutuhkan benih dan pupuk dalam mengolah lahan, Rice mengaku membantu dengan alokasi dana desa. "Silahkan diajukan permohonan, nanti kita tindaklanjuti,” ujar Rice. 

Menanggapi hal itu, Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta mengapresiasi program pertanian di Desa Kubang Tangah tersebut. Dikatakan Wali Kota, memang program seperti itulah yang hendaknya dijalankan setiap desa di Sawahlunto yang memiliki potensi lahan pertanian. 

“Ini semangat yang luar biasa sudah muncul dari para petani, dukungan yang luar biasa juga muncul dari Pemerintah Desa Kubang Tangah. Maka tentu kami dari Pemko juga akan mendukung penuh, dalam hal ini melalui Dinas Pertanian kita arahkan untuk optimal dalam mendampingi Kelompok Tani Guguak Pauh ini,” kata Deri Asta.(Fadilla Jusman)

 

Reporter : Fadilla Jusman /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]