Menag: Para Juara MTQ Nasional 2020 Bakal Ikut Kejuaraan Internasional


Ahad, 15 November 2020 - 14:29:36 WIB
Menag: Para Juara MTQ Nasional 2020 Bakal Ikut Kejuaraan Internasional Menag RI, Fachrul Rozi pada pembukaan MTQ Nasional XXVIII yang digelar di Stadion Utama Sumbar di Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (14/11/2020) kemarin.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menteri Agama (Menag) RI, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi menuturkan, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional tahun 2020 di Sumbar merupakan kegiatan yang membutuhkan kesungguhan dalam proses perencanaan dan pelaksanaannya karena berlangsung ditengah wabah Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

"Komitmen dan kedisiplinan untuk menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat disemua lini dari rangkaian penyelenggaraan MTQ Nasional ini akan menjadi ikhtiar maksimal yang akan membawa sukses penyelenggaraan MTQ ke 28," kata Fachrul pada pembukaan MTQ Nasional XXVIII yang digelar di Stadion Utama Sumbar di Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (14/11/2020) kemarin.

Menurut Fachrul, event Musabaqah Tilawatil Qur'an adalah perhelatan yang sudah melekat dihati masyarakat Indonesia karena diselenggarakan secara sistematis, rutin, dan berjenjang setiap tahunnya mulai dari tingkat desa sampai tingkat nasional.

"Momentum MTQ dalam kesemarakkan syiar al-qur'an mala mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat di provinsi yang menjadi tuan rumah penyelenggara," ujar Fachrul.

Disamping itu, kata Fachrul, tindaklanjut dari capaian MTQ Nasional para juara akan direkomendasikan dan diikutsertakan pada ajang MTQ Internasional diberbagai negara di dunia.

"Tidak kurang dari 16 negara telah mengundang keikutsertaan Indonesia dalam kontestasi MTQ Nasional setiap tahunnya dan sejauh ini sudah banyak prestasi yang diraih oleh qori qoriah dari Indonesia, dan mereka telah mengharupkan nama Indonesia dimata dunia," ucap Fachrul.

Lebih lanjut, kata Fachrul, Kementerian Agama juga sudah belasan tahun bekerjasama dengan kantor instansi agama Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi menyelenggarakan Musabaqah Hafalan Qur'an dan Al-hadis Nabi Muhammad SAW tingkat nasional, ASEAN dan Pasifik setiap tahun yang sponsori oleh Pangeran Sultan Bin Abdulaziz Al Saud.

"Seiring dengan itu dalam beberapa tahun terakhir kita menyaksikan tumbuh dan berkembangnya pondok tahfizh al-qur'an diberbagai kota, dan berkembangnya minat membaca al-qur'an dikalangan remaja dan pemuda berbasis komunitas, serta jejaring sosial," sambung Fachrul.

Bahkan beberapa televisi nasional secara rutin setiap tahun menyelenggarakan lomba tilawah dan hafalan al-qur'an. Semua perkembangan itu diharapkan memberikan efek positif terhadap kualitas kehidupan beragama dan moralitas masyarakat yang semakin berat dan komplek tantangannya.

"MTQ tidak cukup hanya sebagai syiar Islam dan kesemarakkan semata, al-qur'an harus difungsikan sebagai penuntun kehidupan umat baik secara pribadi maupun masyarakat sheingga terwujud kualitas beragama yang semakin baik," sebut Fachrul.

Selain itu, Fachrul juga mengapresiasi kepada semua pihak yang telah berperan dan berpartisipasi mendukung penyelenggaraan MTQ Nasional ke 28 di Kota Padang, baik dari unsur pemerintah, TNI dan kepolisian, tokoh masyarakat dan media.

"Kegiatan MTQ Nasional tahun 2020 meskipun dilaksanakan dalam kondisi penuh keprihatinan dan kewaspdaan, semoga tidak akan menghilangkan substansi dan nilai syiar dari pelaksanaan MTQ ini," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]