Selain Covid-19, Pemprov Sumbar Didesak Serius Tangani Pemulihan Ekonomi


Ahad, 15 November 2020 - 14:36:54 WIB
Selain Covid-19, Pemprov Sumbar Didesak Serius Tangani Pemulihan Ekonomi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Supardi.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Supardi mengatakan, disamping harus serius menangani Covid-19, Sumbar juga harus menangani recovery atau pemulihan ekonomi. Karena akibat Covid-19 tersebut banyak menimbulkan permasalahan baru.

"Dari pengangguran, pertumbuhan ekonomi kita yang drop. Jadi seluruh aktivitas pekerja harus dibuka kembali, tokoh-tokoh dibuka, perkantoran," kata Politikus Partai Gerindra itu, baru-baru ini.

Dengan demikian, kata Supardi, ada ruang bagi masyarakat untuk beraktivitas kembali. Kendati demikian, tentu harus dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Karena sekarang banyak pabrik dan usaha yang bangkrut. Maka pemerintah harus mencarikan solusi, bagaimana masyarakat yang menganggur akibat Covid-19 bisa mempunyai aktivitas ekonomi, apakah itu berdagang dan sebagainya," saran Supardi.

Supardi melihat saat ini pemerintah juga sudah mengeluarkan kebijakan untuk memulihkan perekonomian. Termsuk mensubsidi Bank Nagari agar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumbar bisa tumbuh kembali untuk berjualan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar mencatat angkatan kerja terdiri dari bekerja dan pengangguran. Saat ini yang masih bekerja di Sumbar ada 2,58 juta orang dan pengangguran berjumlah 0,19 juta orang.

Pekerja penuh sebanyak 1,57 juta orang, pekerja paruh waktu 673,51ribu orang, setengah pengangguran 333,08 ribu orang.

Perkembangan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) di Sumbar, kata Pitono, ada 67,56 TPAK pada tahun 2018, 67,88 TPAK tahun 2019, dan tahun 2020 meningkat menjadi 69,01 TPAK.

Angkatan kerja Agustus 2020 sebesar 2,77 juta orang meningkat 0,09 juta orang dibandingkan Agustus 2019. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]