Pesan Direktur PNP: Dosen Jangan Takut Berinovasi


Ahad, 15 November 2020 - 14:45:56 WIB
Pesan Direktur PNP: Dosen Jangan Takut Berinovasi Direktur PNP Surfa Yondri. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri mengungkapkan, akibat pandemi Covid-19, PNP tidak memberlakukan magang atau PKL bagi Program Studi Usaha Perjalanan Wisata.

Kendati demikian, dengan konsep “Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar” mahasiswa dimotivasi untuk menggali dan mengembangkan potensi pariwisata lingkungan mereka.

Surfa Yondri juga mencontohkan, Politeknik Batam menawarkan ruang/labor mereka untuk digarap mahasiswa berdasarkan project. Sehubungan dengan itu, dosen memfasilitasi kebutuhan mahasiswa.

"Melihat fenomena banyaknya pelaku usaha yang percaya diri mengelola usaha pariwisatanya meski tidak berlatarbelakang wisata, mestinya dosen juga percaya diri berinovasi," Surfa Yondri dalam Seminar Pariwisata Sumbar dan Pelatihan Softskill Dosen Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Rancangan Magang Industri Bersertifikat di Aula Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang (PNP), baru-baru ini.

Surfa Yondri mengimbau dosen untuk tidak terbelenggu dengan kondisi terkini, tapi percaya diri dalam melakukan terobosan atau inovasi.

Surfa Yondri mencontohkan, karena pernah menghadiri Dies Natalis sebuah perguruan tinggi yang pembukaan wisudanya memperdengarkan musik mirip nyanyian gereja, maka dia berinisiatif mengusulkan acara wisuda dan Dies Natalis diwarnai dengan nyanyian selawat badar yang kental nuansa Islaminya, dan ternyata tidak ada masalah.

Surfa Yondri juga mengimbau agar civitas akademika peduli lingkungan karena diakui, kampus PNP belum begitu bersih dan nyaman. Butuh perubahan lagi agar kampus tertata dengan baik dan sempurna dan nyaman juga dijadikan objek wisata.

"Untuk ukuran kampus politeknik, PNP termasuk kampus yang indah, tapi dalam masalah tingkat kepuasan dan kenyamanan, masih perlu ditingkatkan lagi," ujar Surfa Yondri.

Kepada pengelola jurusan dan program studi, Surfa Yondri berpesan agar dalam perekrutan tenaga pengajar, terutama dari kalangan praktisi lebih mengutamakan mereka yang bisa membesarkan nama dan kualitas kampus di dalam dan di luar. Mari besarkan PNP di dalam dan di luar.

Di usianya yang ke-33 tahun, Politeknik Negeri Padang sebetulnya sudah banyak mengirim dosennya menjadi narasumber dalam temu ilmiah mancanegara, termasuk menjadi tuan rumah penyelenggara, seperti IcoAsnitech dan iCAST.

“Carilah dosen yang potensial diorbitkan ke tingkat  nasional sekaligus mengorbitkan perguruan tinggi kita," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]